Keanehan Adik Brigadir J di Hari Pembunuhan: Satpam Bersihkan Rumah

Dia juga digeledah saat masuk rumah Saguling

Jakarta, IDN Times - Adik kandung almarhum Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Reza Hutabarat, disebut menemukan keanehan saat hendak ke rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III Kalibata, Jakarta Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh kuasa hukum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, saat duduk sebagai saksi untuk terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Kamaruddin menyebut, keanehan yang didapati oleh Reza itu terjadi tepat di hari kejadian penembakan terhadap Brigadir J, pada Jumat 8 Juli 2022.

Reza yang disebut oleh Kamaruddin sudah menganggap Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sebagai keluarga memang kerap ke rumah tersebut.

Namun, saat kejadian, Reza yang baru pulang tugas di Divisi Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri itu disebut mendapati perlakuan janggal oleh ajudan Ferdy Sambo yakni Daden dan Romi.

"Khusus di sore itu dia (Reza) digeledah, digeledah oleh saksi Daden, Daden itu ajudan kesayangan daripada Ferdy Sambo. Dia digeledah apakah membawa senpi atau tidak, yang menggeledah itu dua orang, Daden dan Romi."

"Romi juga ajudan yang biasa menemani Ferdy Sambo di rumah Bangka," kata Kamaruddin dalam persidangan, Selasa (25/10/2022).

Tak hanya itu, kondisi janggal juga terjadi dengan adanya seorang Satpam di rumah tersebut terlihat sedang membersihkan rumah. Kondisi tersebut, kata Kamaruddin, jarang dilihat oleh Reza Hutabarat yang notabenenya memang sering berkunjung ke rumah pribadi Ferdy Sambo tersebut.

"Selama dia datang ke rumah itu belum pernah melihat ada Satpam mencuci rumah, tetapi khusus di sore hari, kurang lebih menjelang Maghrib, itu rumah dicuci oleh Satpam di rumah Saguling," tukas Kamaruddin.

Kamaruddin memastikan, kondisi tersebut tak pernah sama sekali dilakukan oleh keluarga atau pihak penjaga rumah Ferdy Sambo. Terlebih, Reza Hutabarat selaku adik kandung Brigadir J merupakan orang yang memang dekat dengan Ferdy Sambo maupun dengan istrinya Putri Candrawathi beserta keluarga.

"Karena selama dia kunjungan ke sini beberapa tahun tidak pernah dia digeledah, kemudian karena dia berusaha masuk ke rumah itu," kata Kamaruddin.

Baca Juga: Kamaruddin: Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Ikut Tembak Brigadir J

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya