Kemenkes Temukan 80 Kasus COVID-19 di Petamburan dan Tebet

Kasus ini ditemukan usai rangkaian acara keagamaan

Jakarta, IDN Times - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Budi Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pelacakan, dan perawatan COVID-19 ditemukan 80 kasus virus corona pasca-rangkaian kegiatan keagamaan yang dihadiri oleh pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di wilayah Tebet dan Petamburan, Jakarta.

“Hasil pemeriksaan melalui tes PCR yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan terdapat 50 kasus positif COVID-19 di Tebet dan 30 kasus di Petamburan dalam kerumunan tersebut,” kata Budi dalam jumpa pers melalui YouTube BNPB, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: Satgas COVID-19: Jangan Tolak Contact Tracing, Ini Kerja Kemanusiaan

1. Sebanyak 15 kasus di Megamendung, Bogor masih menunggu hasil

Kemenkes Temukan 80 Kasus COVID-19 di Petamburan dan TebetIlustrasi FPI/IDN Times/Muhamad Iqbal

Selain itu, data pemeriksaan tes PCR yang dilakukan di laboratorium kesehatan daerah hingga 21 November 2020 juga masih menunggu hasil 15 kasus yang berasal dari kerumunan dalam acara Rizieq di Megamendung Bogor, Jawa Barat.

"Kerumunan pada kegiatan yang dilakukan dalam rangka acara keagamaan dan nikahan tersebut, Kementerian Kesehatan mengimbau bagi siapa saja yang mengikuti dan siapa pun yang merasa kontak erat dengan orang yang hadir agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Budi.

2. Kemenkes imbau masyarakat mengunjungi Puskesmas terdekat jika ada gejala

Kemenkes Temukan 80 Kasus COVID-19 di Petamburan dan TebetIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Budi juga mengingatkan apabila masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan mengalami gejala COVID-19 seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan, serta hilang indra penciuman dan perasa agar segera mengunjungi Puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan tes PCR.

“Pemerintah juga telah menyiapkan pusat karantina di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet maupun hotel yang telah disediakan,” ujarnya.

3. Kemenkes masih memantau ketat penularan COVID-19 di tiga wilayah

Kemenkes Temukan 80 Kasus COVID-19 di Petamburan dan TebetANTARA FOTO/Fauzan

Dari kasus ini, Kemenkes meminta kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pimpinan daerah agar bisa memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan.

Dia juga menerangkan bahwa Kemenkes kini tengah memantau penularan COVID-19 secara ketat di wilayah Petamburan, Bandara Soekarno-Hatta, Tebet, dan Megamendung.

"Kita harus berupaya bersama dalam pencegahan penularan COVID-19 agar wabah penyakit ini segera bisa kita atasi," kata Budi.

Baca Juga: Polda Jabar Akan Panggil Rizieq Shihab soal Kerumunan di Megamendung 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya