Kemenkominfo Gandeng WhatsApp Luncurkan Chatbot Informasi COVID-19

Chatbot sudah live hari ini!

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama WhatsApp meluncurkan layanan chatbot untuk menjawab pertanyaan masyarakat seputar virus corona. Chatbot yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id di nomor 6281133399000.

“Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes RI,” kata Menteri Kominfo Johnny G Plate, lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/3).

1. Chatbot WA hanya untuk Indonesia dan Singapura

Kemenkominfo Gandeng WhatsApp Luncurkan Chatbot Informasi COVID-19Tahapan kondisi pasien virus corona dari hari ke hari (IDN Times/Sukma Shakti)

Johnny mengatakan sosialisasi akun chat resmi ini akan dilakukan melalui lembaga penyiaran, SMS blast, banner di media online dan fliers. WhatsApp by Facebook juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi COVID-19.

“Kementerian Kominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp-nya. Whatsapp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura,” ujar dia.

Baca Juga: Temuan Ombudsman di Jateng, Ada Call Center Virus Corona Tak Aktif

2. Chatbot sudah live hari ini

Kemenkominfo Gandeng WhatsApp Luncurkan Chatbot Informasi COVID-19Tangkapan layar Chatbot WA Kominfo (IDN Times/Irfan fathurohman)

Berdasarkan pantauan IDN Times, Chatbot dan pesan blast pada platform WhatsApp sudah live hari ini, Kamis (19/3). Cukup menyapa di nomor chatbot, program akan secara otomatis membalas pertanyaan dengan sistem yang sudah mereka pelajari.

Chatbot sendiri merupakan sebuah program komputer berteknologi kecerdasan buatan yang dirancang untuk melakukan percakapan intelektual dengan satu atau banyak orang.

3. Kemenkominfo minta operator telekomunikasi untuk menggratiskan layanan publik

Kemenkominfo Gandeng WhatsApp Luncurkan Chatbot Informasi COVID-19Pers confference Telkomsel luncurkan program NARU di Gerai Telkomsel Veteran Palembang (IDN Times/Feny maulia Agustin)

Kementerian Kominfo juga menginstruksikan kepada operator telekomunikasi dan penyedia platform digital untuk menyediakan layanan akses internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik. Tak hanya itu mereka diminta menggratiskan akses terhadap situs resmi penanganan pandemi COVID-19 dan call center 117 dan 119.

“Menyediakan produk layanan/program yang mendukung implementasi kebijakan Presiden Joko Widodo terkait social distancing untuk bekerja dari rumah (work from home), dan ibadah di rumah,” ujar dia.

Baca Juga: Khofifah Luncurkan Website Penanganan Virus Corona Bak Kuisioner

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya