Ketua DPR Minta BURT Kaji Kaca Gedung yang Antipeluru

Senjata asal peluru sudah dimodifikasi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengungkap bahwa bukan sekali ini saja  gedung DPR jadi sasaran peluru nyasar. Untuk itu, dia meminta Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR mengkaji kaca-kaca gedung.   

Menurut politisi yang disapa Bamsoet itu, Gedung DPR/MPR memang memungkinkan terkena peluru nyasar seperti yang terjadi Senin (15/10).  Hal itu karena dekat dengan lapangan menembak. 

"Tempat latihan yang dipakai yang paling pojok karena memang sangat dekat dengan DPR. Mungkin jaraknya dari situ ke parkir DPR 100 m ke atas kira-kira 200-300 m dan masih efektif daya rusaknya (masih) kuat,” kata dia di DPR (16/10).

1. Bamsoet desak polisi lakukan rekonstruksi

Ketua DPR Minta BURT Kaji Kaca Gedung yang AntipeluruIDN Times/Irfan Fathurohman

Bambang mengaku sudah mendesak kepolisian untuk olah TKP dan melakukan rekonstruksi terkait kasus penembakan ke gedung DPR, kemarin. Ketua bidang hukum dan penegakan disiplin anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) itu juga mengungkapkan bahwa senjata yang digunakan berjenis Glock 17 kaliber 9 mm dan sudah dimodifikasi.

“Jadi itu senjata itu harusnya standar dimodifikasi dan memakai alat kecil menjadi otomatis. Nah, Glock kaliber 9 itu jangkauan jelajahnya itu bisa mencapai 1,5 mil. Jadi tembakan efektif itu bisa 400 m, kalau tembakan tepatnya 25-75 meter,” kata dia.

2. Bamsoet juga minta BURT kaji keamanan kaca Gedung DPR RI

Ketua DPR Minta BURT Kaji Kaca Gedung yang AntipeluruIDN Times/Irfan Fathurohman

Bambang juga meminta BURT DPR mengkaji keamanan kaca gedung DPR setelah tertembus dua peluru nyasar. Ia meminta BURT untuk mengkaji kemungkinan kaca gedung DPR dilapisi dengan kaca film antipeluru.

“Saya juga ingin meminta BURT untuk membuat kajian apakah sudah dibutuhkan secara mendesak kaca itu dilapisi dengan kaca film yang bisa menahan peluru. Ini juga kami akan minta BURT melakukan kajian dan untuk menutup kaca itu dengan kaca film yang mengarah ke lapangan tembak,” ujar Bambang

Baca Juga: Pelaku Penembakan Nyasar di DPR Ternyata Bukan Anggota Perbakin

3. Bambang ingin Gedung DPR aman

Ketua DPR Minta BURT Kaji Kaca Gedung yang AntipeluruIDN Times/Irfan Fathurohman

Bamsoet mengatakan, kejadian peluru nyasar ke gedung DPR bukan kali ini saja, melainkan sudah lebih dari dua kali. Oleh karena itu, Bamsoet juga meminta pengelola lapangan tembak meningkatkan keamanan dengan menambah lapisan baja di area lapangan tembak.

“Jadi secara resmi dari DPR RI kami meminta kepada pengelola lapangan tembak Perbakin untuk segera melakukan langkah-langkah agar hal ini tidak terulang kembali.,” ujarnya.

Baca Juga: Peluru Nyasar ke DPR, Sekjen Gerindra Usul Lapangan Tembak Dipindah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya