Comscore Tracker

Kian Mesra, PDIP-Demokrat Berkoalisi di 28 Daerah untuk Pilkada 2020

AHY menyambangi Puan Maharani di DPR RI

Jakarta, IDN Times - Setelah Gerindra, kini PDI Perjuangan menjalin hubungan mesra dengan Partai Demokrat dengan mengusung 28 pasangan calon kepala daerah dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah menyambangi Puan Maharani di DPR RI, Kamis (6/8/2020).

"Tadi kita juga berbicara cukup banyak kebersamaan kita, Partai Demokrat dan PDIP, di berbagai Pilkada. Mudah-mudahan kerja sama dan sinergi ini bisa terus kita pelihara untuk negeri ini," ujar AHY dikutip ANTARA, Sabtu (8/8/2020).

1. Puan membenarkan ada koalisi yang dibangun bersama Demokrat

Kian Mesra, PDIP-Demokrat Berkoalisi di 28 Daerah untuk Pilkada 2020Ketua DPR-RI, Puan Maharani menerima kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat AHY dan jajaran partai lainnya pada Kamis, 6 Agustus 2020 (Instagram.com/puanmaharaniri)

Dalam pertemuan kemarin, Puan juga membenarkan jika ada koalisi yang akan dibangun PDIP bersama Demokrat di beberapa daerah dalam Pilkada 9 Desember 2020.

“Di 270 Pilkada ini, alhamdulillah di beberapa tempat antara PDI Perjuangan dengan Partai Demokrat melakukan kerja sama untuk mendukung calon di beberapa tempat tersebut,” ujar Ketua DPR RI itu.

Baca Juga: Musuhan di Pilpres 2019, Demokrat Mesra dengan Golkar di Pilgub Tuban

2. AHY-Puan juga tukar pendapat soal pertumbuhan ekonomi

Kian Mesra, PDIP-Demokrat Berkoalisi di 28 Daerah untuk Pilkada 2020Ketum Partai Demokrat, AHY memaparkan beberapa materi saat berkunjung ke kantor Fraksi Partai Demokrat (FPD) di Senayan pada Kamis, 6 Agustus 2020 (Instagram.com/agusyudhoyono)

Selain membicarakan soal Pilkada, AHY-Puan juga terlibat pembicaraan soal pertumbuhan ekonomi yang dikatakan turun di kuartal kedua ini.

"Mudah-mudahan ada berbagai upaya efektif untuk bisa menumbuhkan kembali ekonomi kita," kata AHY.

3. PDIP juga mesra dengan Gerindra

Kian Mesra, PDIP-Demokrat Berkoalisi di 28 Daerah untuk Pilkada 2020IDN Times/Khaerul Anwar

Sebelumnya, PDIP bersama Gerindra juga sempat mesra dengan mengusung beberapa kepala daerah. Salah satunya di Tangerang Selatan. Keduanya gotong-royong mengusung Muhamad-Rahayu Saraswati.

Di Solo, Gerindra juga makin solid dengan memberikan suara kepada Gibran Rakabuming yang dijagokan oleh PDIP.

Baca Juga: PDIP Ogah Pilkada 2020 Diundur, Apa Alasannya?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya