Kembali Berulah, KKB Bakar Rumah Warga di Kampung Kimak Puncak Papua

Polda Papua pastikan tak ada korban jiwa

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Selasa (5/4/2022). Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Musthofa Kamal membenarkan pembakaran tersebut.

Sebelum membakar, KKB sempat melepaskan tiga kali tembakan dengan laras pendek dari arah Gereja Katolik.

“Kemudian mereka membakar rumah warga berinisial YT yang berdekatan dengan PT. Modern,” kata Kamal saat dihubungi, Rabu (6/4/2022).

1. Polda Papua pastikan tak ada korban jiwa

Kembali Berulah, KKB Bakar Rumah Warga di Kampung Kimak Puncak PapuaKabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (dok. Humas Polda Papua)

Kamal menjelaskan, dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, baik dari warga sipil maupun aparat gabungan TNI-Polri. Saat ini petugas tengah melakukan pengamanan di sekitar lokasi hingga Rabu (6/4/2022).

“Pasca kejadian di Kabupaten Puncak, aman kondusif, personel gabungan terus melakukan pengamanan untuk memastikan situasi aman,” ujar Kamal.

Baca Juga: Sertu Eka dan Istri Jadi Korban KKB, KSAD Dudung Biayai Anak-anaknya

2. Polda Papua mengecam peristiwa pembakaran

Kembali Berulah, KKB Bakar Rumah Warga di Kampung Kimak Puncak PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Polda Papua kata Kamal, mengecam peristiwa pembakaran rumah warga oleh KKB. Atas peristiwa ini, menurut Kamal membawa keresahan bagi warga sekitar.

“Kehadiran TNI-Polri untuk memberikan rasa aman sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasa tanpa adanya teror KKB,” ujar Kamal.

3. Pembakaran menyusul kematian Ali Kogoya

Kembali Berulah, KKB Bakar Rumah Warga di Kampung Kimak Puncak PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz  menembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Ali Teu Kogoya (35) di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (3/4/2022).

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri membenarkan kabar tersebut.

"Memang benar ada penembakan yang menewaskan anggota KKB di Ilaga, Minggu (3/4),” kata Fakhiri dikutip ANTARA, Senin (4/4/2022).

Fakhiri menjelaskan, Ali Kogoya terpaksa ditembak petugas karena berusaha melawan dan menembak petugas saat hendak ditangkap. Ia diduga membawa senjata api.

“Ali Kogoya, yang merupakan anggota KKB Kuyawage, membawa sepucuk senjata api jenis FN 46 AK, dengan No seri EA 1520077, yang berisi dua butir peluru di dalam magasen,” ujar Fakhiri.

Jenazah Ali Kogoya saat ini telah dibawa ke Puskesmas Ilaga, sementara petugas mengamankan barang bukti berupa senjata api jenis FN 46 di Polres Puncak.

Dia menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima, senjata api yang dibawa Kogoya berasal dari Undius Kogoya. Ali Kogoya diketahui bergabung dengan Kelenak Telenggen di Ilaga, Kabupaten Puncak.

Baca Juga: Lagi, Satgas Damai Cartenz Tembak Mati Anggota KKB di Ilaga Papua

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya