KKB Berulah Lagi, Kali Ini Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya Guru

KKB yang menyerang diduga kelompok Undius dan Aibon Kagoya

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi anarkis dengan membakar bangunan sekolah satu atap SD-SMP dan menganiaya guru di Distrik Hitadipa Kabupaten Intan Jaya, Rabu (30/3/2022).

“Aksi tersebut dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal lewat keterangan tertulisnya, Kamis (31/3/2022).

1. Pembakaran terjadi pukul 17.50 WIT

KKB Berulah Lagi, Kali Ini Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya GuruKasatgas Humas Damai Cartenz, Kombes Pol Musthofa Kamal menunjukkan gambar pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ndeotadi, Toni Tabuni (24) (Dok.Satgas Damai Cartenz)

Kamal menjelaskan, pembakaran terjadi pada pukul 17.50 WIT. Saat itu anggota melihat terdapat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa.

“Selanjutnya, anggota melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa KKB telah membakar gedung sekolah satu atap Hitadipa,” ujar Kamal.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Tembak Mati Pimpinan KKB Ndeotadi Toni Tabuni 

2. Puluhan KKB juga menganiaya guru

KKB Berulah Lagi, Kali Ini Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya GuruTentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Berdasarkan keterangan saksi, pukul 16.30 WIT gerombolan KKB berjumlah sekitar puluhan orang masuk ke dalam Kampung Hitadipa kemudian membakar gedung Sekolah Satu Atap YPPGI/SMP N 2 Hitadipa berjumlah sembilan kelas.

“Tidak hanya membakar Gedung sekolah, mereka juga melakukan penganiayaan terhadap dua warga sipil. Salah satunya adalah guru di sekolah yang mereka bakar,” kata Kamal.

3. KKB melarikan diri ke luar Kampung Hitadipa

KKB Berulah Lagi, Kali Ini Bakar Gedung Sekolah dan Aniaya GuruTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Setelah melakukan pembakaran dan penganiayaan, selanjutnya gerombolan KKB melarikan diri ke luar Kampung Hitadipa.

“Anggota TNI-Polri di Intan Jaya telah menyekat jalur KKB untuk masuk ke Kota Sugapa dan juga melakukan pengamanan di sekitar objek vital,” kata Kamal.

Baca Juga: Baku Tembak di Nduga Berlanjut, KKB Serang Pesawat di Bandara Kenyam 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya