KKB Tembak 1 Anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua   

Peluru bersarang di perut Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw

Jakarta, IDN Times - Kontak tembak antara Satgas Nemangkawi dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kali EI Kampung Mosom Dua, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Sabtu (10/7/2021).

Dalam peristiwa itu, seorang anggota Satgas Nemangkawi ditembak oleh KKB pimpinan Tendius Gwijangge, hingga mengalami luka-luka.

“Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw (27) mengalami luka tembak pada bagian perut bawah,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, lewat keterangan tertulisnya, Senin (12/7/2021).

Berikut kronologi peristiwa adu tembak di Papua tersebut?

Baca Juga: Dor! KKB Tembak 5 Warga di Kabupaten Yahukimo Papua, 4 Meninggal 

1. Bermula saat Satgas Nemangkawi melakukan penyisiran

KKB Tembak 1 Anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua   Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy. (dok. Pribadi/M. Iqbal Al Qudussy)

Musthofa menjelaskan, peristiwa kontak tembak tersebut bermula ketika Satgas Nemangkawi yang berjumlah 12 personel pada Jumat (9/7/2021) pukul 19.00 WIT bergerak dari Polres Yahukimo untuk melakukan penyelidikan keberadaan KKB di Kali EI Kampung Mosom Dua, Distrik Seradalah, Kabupaten Yahukimo.

“Kemudian pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 pukul 07.00 WIT personel gabungan tiba di Kali EI Kampung Mosom Dua Distrik Seradalah, dan kemudian melakukan penyisiran di wilayah tersebut,” kata Musthofa.

2. Terjadi kontak tembak dan satu personel terluka

KKB Tembak 1 Anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua   Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Pukul 19.00 WIT, personel gabungan mendapat gangguan tembakan dari KKB sehingga personel membalas tembakan tersebut dan terjadi kontak tembak antara Satgas Nemangkawi dan KKB.

“Pukul 19.30 WIT, personel Polres Yahukimo mendapatkan informasi melalui telepon dari Katim Satgas Ops Nemangkawi bahwa telah terjadi kontak tembak antara Tim Satgas dan KKB di Kali EI dan terdapat satu orang korban luka tembak dari personel,” ujar Musthofa.

3. Korban yang ditembak KKB berhasil dievakuasi

KKB Tembak 1 Anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua   Korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Pada pukul 19.45 WIT, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana mendapat informasi tersebut. Ia beserta personel gabungan Polres Yahukimo dan Brimob Den A Pelopor BKO Polres Yahukimo langsung menuju ke Kali El guna mengambil langkah penanganan terkait kasus penembakan itu.

“Selanjutnya pada hari Minggu tanggal 11 Juli 2021 pukul 07.40 WIT korban dievakuasi ke Jayapura. Pukul 08.40 WIT korban bersama 2 anggota dan 1 perawat tiba di Bandara Adven Doyo, Sentani Kabupaten Jayapura, kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diambil tindakan lebih lanjut,” kata Musthofa.

Baca Juga: Ketua DPRD Tolikara Diduga Danai Pemasok Senjata ke KKB Papua

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya