Kontak Tembak Terjadi di Kiworok Papua, 1 Satgas Nemangkawi Tewas 

Korban adalah anggota Brimob Kelapa Dua, Depok

Jakarta, IDN Times - Kontak tembak antara Satgas Nemangkawi dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (26/9/2021).

Akibatnya, seorang anggota Brimob Kelapa Dua, Depok, Bhayangkara Dua (Bharada) Muhammad Kurniadi gugur ditembak KKB. 

“Saat ini jenazahnya sudah dievakuasi ke Sentani dengan menggunakan pesawat charter dan akan langsung dibawa ke RS Bhayangkara," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito dikutip dari ANTARA, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di Papua

1. Bharada Kurniadi tertembak di ketiak kanan

Kontak Tembak Terjadi di Kiworok Papua, 1 Satgas Nemangkawi Tewas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Cahyo menjelaskan, kontak tembak terjadi sejak pukul 04.50 WIT. Saat itu terdengar bunyi tembakan dari arah depan Mapolsek Kiwirok hingga kemudian terjadi baku tembak antara KKB dan aparat TNI-Polri.

Sekitar pukul 05.15 WIT, dilaporkan seorang personel Brimob atas nama Bharada Muhammad Kurniadi dilaporkan meninggal.

“Bharada Muhammad Kurniadi terkena tembakan di sekitar ketiak sebelah kanan,” ujar Cahyo.

2. TPNPB-OPM menyatakan bertanggung jawab atas kematian Baharada Kurniadi

Kontak Tembak Terjadi di Kiworok Papua, 1 Satgas Nemangkawi Tewas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sementara itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan bertanggung jawab atas kematian Bharada Kurniadi. 

“Panglima Kodap XV Ngalum Kupel Brigadir Jenderal Lamek Alipky Taplo bertanggung jawab atas penembakan hari ini tanggal 26 September 2021 di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pengunungan Bintang, Papua,” ujar Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom saat dikonfirmasi IDN Times.

3. TPNPB-OPM klaim berhasil menembak 2 anggota Satgas Nemangkawi

Kontak Tembak Terjadi di Kiworok Papua, 1 Satgas Nemangkawi Tewas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, TPNPB-OPM Kodap XV Ngalum Kupel telah berhasil menembak dua anggota Satgas Nemangkawi dalam kontak tembak tersebut. Namun demikian, ia belum bisa memastikan status korban tewas. 

“Sementara pihak kami belum ada korban tewas maupun luka ringan dan pihak militer kami sudah bunuh dua orang tewas dan luka, dan korban tewas lain kami belum bisa pastikan karena situasi tidak mendukung,” ujar Sebby. 

Baca Juga: Kontak Tembak TNI-Polri dengan KKB di Kiwirok Papua Kembali Terjadi

Topik:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya