Korlantas Polri Temukan 525 Pemudik Arus Balik Reaktif COVID-19

Temuan kasus pemudik reaktif COVID-19 dari hasil random cek

Jakarta, IDN Times - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, berdasarkan hasil random tes antigen di 149 titik pengetatan selama arus balik lebaran 2021 ditemukan 524 pemudik yang reaktif COVID-19.

“Data dari tanggal 15 sampai 22 Mei itu sudah kita lakukan yang baik mandatori maupun random sebanyak 180 ribu lebih. Dan yang reaktif 524 orang,” kata Istiono di KM 34 tol Cikampek, lewat keterangan tertulisnya, Senin (24/5/2021).

1. Arus balik berjalan normal tanpa ada penumpukan kendaraan

Korlantas Polri Temukan 525 Pemudik Arus Balik Reaktif COVID-19Ilustrasi tol. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sementara itu, Istiono mengatakan, mengenai arus balik lebaran 2021 hingga hari terakhir ini berjalan normal. Menurutnya, masyarakat kembali dari asal daerahnya menuju Jakarta secara bertahap, sehingga tidak ada kepadatan di satu hari tertentu.

Hal ini dilihat dari fluktuasi pada arus balik baik dari Jawa maupun dari Sumatera sudah empat hari yang lalu mengalami kenormalan. Kurang lebih ada 100 ribuan ke kendaraan yang sudah masuk ke Jakarta.

“Artinya bahwa mudik yang arus balik yang menuju Jakarta dari Jawa maupun Sumatera secara bertahap, tidak ada penumpukan di satu hari. Jadi terbagi arusnya hari per hari mengalir secara bertahap,” ucap Istiono.

Baca Juga: Imbas Mudik Lebaran, Pasien COVID-19 Wisma Atlet Melonjak Jadi 1.251

2. Arus lalu lintas sempat mengalami kenaikan jumlah kendaraan

Korlantas Polri Temukan 525 Pemudik Arus Balik Reaktif COVID-19ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Istiono menjelaskan, arus kendaraan mengalami kenaikan pada beberapa hari terakhir. Namun, kenaikan itu secara bertahap. Sehingga, saat ini kondisi arus lalu lintas sudah kembali normal seperti sebelum libur lebaran 2021.

“Volume arus kendaraan yang dari Jawa menuju Jakarta kemarin mengalami kenaikan sebesar 11 persen. Dan sampai malam hari ini mengalami kenaikan sebesar 6 persen. Yang arus dari Sumatera menuju Jakarta kemarin mengalami kenaikan 22 persen. Dan hari ini mengalami penurunan 20 persen,” jelasnya.

3. Operasi Ketupat berakhir hari ini

Korlantas Polri Temukan 525 Pemudik Arus Balik Reaktif COVID-19Ilustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Operasi ketupat 2021 dalam rangkap peniadaan mudik memang sudah ditutup pada 17 Mei lalu. Namun Korlantas Polri menerapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka pengetatan arus balik lebaran 2021 yang berakhir hari ini, Senin (24/5/2021).

Terkait diperpanjang atau tidaknya masa pengetatan arus balik ini, Kakorlantas mengaku akan menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.

“Besok tanggal 24 Mei berakhir masa pengetatan. Apakah akan diperpanjang hingga tanggal 31. Nah ini nanti kita menunggu kebijakan lebih lanjut, apakah kebijakan pengetatan dilanjut sampai 31 Mei atau tidak. Akan kita laksanakan kebijakan dari pemerintah,” kata dia.

Baca Juga: [UPDATE] Polda Metro Temukan 276 Pemudik Arus Balik Positif COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya