Kronologi Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok hingga Tewas di Jaktim

Korban sempat serempet motor sebelum terjadi kejar-kejaran

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Timur akhirnya menangkap 14 orang terduga pengeroyok seorang pengemudi yang sudah lanjut usia, Wiyanto Halim (89), di Pulogadung, Jakarta Timur pada Minggu (23/1/2022) malam. Satu di antaranya berinisial R telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, peristiwa ini bermula ketika mobil Toyota Rush bernopol B1859SYL yang dikemudikan Wiyanto sempat menyerempet sebuah motor. Tak terima, pengendara motor tersebut mengejar dan meneriaki korban sebagai maling.

Teriakan itu lantas memprovokasi pengendara lainnya dan ikut mengejar korban. Mobil berwarna abu-abu metalik itu akhirnya berhenti setelah berhasil dihadang massa.

Namun, massa malah mengeroyok pengemudi, hingga akhirnya korban meninggal di lokasi kejadian.

“Berakibat adanya tindak pidana pengeroyokan, penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia. Kemudian terkait dengan kasus itu Polda Metro dengan Polres Jaktim akan mengusut tuntas terkait dengan insiden ini. Kami akan membentuk tim khusus untuk mengetahui motif lebih dalam lagi terkait dengan insiden ini,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok hingga Tewas, 8 Saksi Diperiksa

1. Korban mengalami luka-luka akibat dikeroyok

Kronologi Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok hingga Tewas di JaktimAksi kejar-kejaran belasan motor dengan sebuah mobil yang berakhir pengeroyokan lansia hingga tewas di Pulogadung, Minggu (23/1/2022). (instagram.com/jurnalisupdate)

Peristiwa tersebut diketahui oleh petugas piket Polres Jaktim. Saat itu, informasi awal bahwa ada seseorang yang diduga mencuri kendaraan bermotor dan membawa kabur mobil milik orang lain.

Anggota Polsek Pulogadung yang sedang berpatroli saat itu langsung meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP). Sesampainya di TKP, mobil korban sudah dalam keadaan rusak.

“Kemudian pengemudinya ini tanpa identitas, mengalami luka-luka akibat dikeroyok oleh sejumlah orang. Petugas langsung mengamankan situasi dan kita juga menolong korban dan kemudian kita cari identitas korban. Kemudian kita melakukan langkah membawa korban ke RACM walaupun akhirnya meninggal dunia,” ujar Zulpan.

2. Polisi menangkap dan memeriksa 14 saksi

Kronologi Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok hingga Tewas di JaktimAksi kejar-kejaran belasan motor dengan sebuah mobil yang berakhir pengeroyokan lansia hingga tewas di Pulogadung, Minggu (23/1/2022). (instagram.com/jurnalisupdate)

Polisi kemudian melakukan pemeriksaan barang bukti berupa rekaman CCTV di sekitar TKP. Dari sana, akhirnya polisi berhasil menangkap 14 orang dan langsung diperiksa sebagai saksi terkait kejadian tersebut.

“Sampai sore ini sudah melakukan pemeriksaan dan masih berlangsung, ada 14 orang yang sudah kita amankan dan periksa terkait hal ini,” ujar Zulpan.

3. Polisi tetapkan 1 orang sebagai tersangka

Kronologi Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok hingga Tewas di JaktimIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Zulpan mengatakan, tersangka berinisial R berperan sebagai pemukul dan memprovokasi dengan meneriaki korban sebagai maling. Hingga akhirnya mengundang massa untuk mengejar korban dan berakhir pengeroyokan.

“Sampai dengan sore ini Polres Metro Jakarta Timur sudah menetapkan satu sebagai tersangka dengan insial R terkait kasus ini,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Seorang Lansia Tewas Dikeroyok Karena Dituduh Maling, Begini Faktanya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya