Comscore Tracker

Langgar SOP Periksa HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi

Mutasi tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Metro Jaya

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memutasi Aipda Monang Parlindungan Ambarita atau  dikenal sebagai polisi ‘artis’ setelah melanggar standar operasional prosedur (SOP), dalam memeriksa gawai atau HP seorang warga hingga viral di media sosial.

Atas aksinya, Polda Metro memutasi Ambarita dari Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jakarta Timur, menjadi Bintara Bidang Humas Polda Metro Jaya.

“Pak Ambarita itu ada dugaan kesalahan SOP, sehingga sekarang ini kita lakukan pemeriksaan di Propam,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Viral di Medsos Polisi Periksa HP Warga, Pakar: Melanggar Hukum!

1. Mutasi Aiptu Ambarita tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Metro Jaya

Langgar SOP Periksa HP Warga, Aipda Ambarita DimutasiKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Mutasi Aiptu Ambarita tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per 18 Oktober 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putra Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan ditujukan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Kapolres Metro Jakarta Timur.

“Ada dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan karena ada ketentuan SOP untuk penggeledehan. Karena ini dugaan, kita akan lakukan pemeriksaan di Propam,” ujar Yusri.

2. Aipda Ambarita dimutasi bersama Aiptu Jacklin

Langgar SOP Periksa HP Warga, Aipda Ambarita DimutasiChannel YouTube Aiptu Jakaria alias bang Jacklyn Choppers. (youtube.com/c/jacklynchoppers)

Selain Ambarita, dalam Telegram itu juga memuat mutasi terhadap Aiptu Jakaria atau akrab dengan panggilan Jacklin. Ia dimutasi dari Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya menjadi Bintara Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Yusri mengatakan, keduanya memiliki potensi yang bagus untuk memperkuat kehumasan Polda Metro Jaya lewat konten-konten mereka.

“Sama juga dengan Pak Jacklin, Pak Ambarita juga punya kelebihan, boleh buka sekarang, YouTube-nya Ambarita media sosialnya besar gak followersnya,” ujar Yusri.

3. Aiptu Jacklin dan Aipda Ambarita akan memperkuat Humas Polda Metro

Langgar SOP Periksa HP Warga, Aipda Ambarita DimutasiChannel YouTube Aiptu Jakaria alias bang Jacklyn Choppers. (youtube.com/c/jacklynchoppers)

Sementara itu, Jacklin dimutasi karena sosoknya memang diperlukan untuk penyegaran di Humas Polda Metro Jaya. Yusri menegaskan, mutasi di lingkungan kepolisian merupakan hal yang wajar.

“Pak Jacklin ini salah satu orang yang punya bakat bermain di medsos. Boleh lihat follower Pak Jacklin bagus gak? Kita butuh orang-orang yang expert di bidangnya. Beliau senang bermain medsos kebetulan pengelola medsos di PMJ ini adalah humas,” tutur Yusri.

Baca Juga: Kapolri Terbitkan Telegram Minta Kapolda Sanksi Oknum Polisi Arogan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya