Comscore Tracker

Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan Prabowo

Sandiaga pastikan Prabowo tidak akan menyerang Jokowi

Jakarta, IDN Times - Debat Pilpres kedua tinggal menghitung hari menuju 17 Februari 2019. Dalam debat kedua ini, hanya capres yang akan melakukan debat. Meski begitu, bukan berarti masing-masing cawapres tenang dan tanpa persiapan.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mengaku tetap melakukan persiapan, di antaranya membantu Calon Presiden Prabowo Subianto dalam sesi latihan debat.

“Nanti ada beberapa sesi latihan saya akan memerankan jadi Pak Jokowi,” ucap Sandiaga di Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2).

Lalu apa lagi peran Sandiaga pada debat kedua nanti?

1. Sandiaga jadi “tukang” pijat Prabowo

Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan PrabowoANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Seperti aksi memijat pundak Prabowo pada debat pertama kemarin, sambil berkelakar Sandiaga mengaku pada debat besok akan menemani Prabowo sekligus menjadi tukang pijat. “Ya kan debat antara capres, saya datang untuk memberikan support, saya ada di situ nanti, ya pijit-pijit,” ucapnya.

Baca Juga: Debat Pilpres Kedua, Dahnil: Prabowo Datang Tanpa Beban

2. Sandiaga pastikan Prabowo tidak menyerang Jokowi

Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan PrabowoIDN Times/Irfan fathurohman

Sama seperti debat pertama, Sandiaga pastikan Prabowo akan tampil lebih tenang dan tidak akan menyerang Jokowi.

“Gak (menyerang) kita sudah putuskan, kita akan tampil apa adanya dan sampaikan argumen kita, sampaikan visi-misi, posisi-posisi kita, dan kita harapkan visi Indonesia menang ini akan lebih jauh diapresiasi oleh masyarakat,” paparnya.

3. Sandiaga apresiasi keputusan KPU soal kisi-kisi

Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan PrabowoIDN Times/Fitria Madia

Sandiaga mengapreasiasi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak lagi menyampaikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua paslon seminggu sebelum debat digelar. Tanpa kisi-kisi, kata Sandiaga, debat akan memberi peluang bagi kedua kandidat untuk menyampaikan argumentasi secara spontan.

"Itu menjadikan debat ini lebih cair, lebih mengalir, lebih dapat memberikan kebebasan para kandidat mendalami masing-masing topik. Saya yakin ini akan lebih baik dari debat pertama," kata Sandiaga.

4. KPU merencanakan adanya perubahan format dari segi waktu

Latihan Debat, Sandiaga Berperan sebagai Jokowi Melawan PrabowoIDN Times/Axel Jo Harianja

Sebagai informasi, Ketua KPU, Arief Budiman, menyatakan bahwa akan ada format perubahan dari segi durasi waktu dalam debat nanti. Bersama kedua timses, KPU akan menyediakan satu segmen dengan durasi selama 10 menit bagi kedua paslon untuk menjawab maupun menanggapi pertanyaan.

“Kita akan berikan utuh 10 menit kepada moderator untuk bertanya kepada paslon dan paslon bisa saling menjawab dan menanggapi. Jadi tidak dibatasi waktu 1 menit, 2 menit. Tapi ini hanya satu segmen,” jelas Arief di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Jumat(25/1).

Baca Juga: Format Baru Debat Capres, KPU Tak Ada Lagi Kisi-Kisi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You