Comscore Tracker

Lewat DPR, Puan Janjikan Penguatan Sistem Kesehatan di Indonesia

Puan berharap ada pemerataan jaminan kesehatan masyarakat

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan PDIP Puan Maharani mengatakan, pandemik COVID-19 di Indonesia telah menguji sistem ketahanan nasional, termasuk di sektor kesehatan. Dan refleksinya adalah masih diperlukan peningkatan yang signifikan.

"Khusus di bidang kesehatan, kita dapat merasakan bahwa ketahanan nasional masih perlu untuk ditingkatkan, baik dari sisi fasilitas kesehatan, mau pun ketersediaan tenaga kesehatan," kata Puan dalam Webinar Nasional IV Bulan Bung Karno 2020 yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pusat PDIP, Selasa (30/6).

1. Kesehatan masyarakat dimulai dari pemenuhan gizi ibu hamil dan anak

Lewat DPR, Puan Janjikan Penguatan Sistem Kesehatan di IndonesiaIDN Times/Candra Irawan

Puan menjelaskan, pembangunan kesehatan masyarakat harus dimulai dari pemenuhan gizi ibu hamil dan anak. Asupan gizi yang baik dalam 1000 hari kehidupan, yaitu mulai dari kandungan sampai usia 2 tahun, asupan gizi seimbang dalam keluarga, serta pola hidup bersih dan sehat.

"Pandemik COVID-19 harusnya dapat menjadi momentum bagi setiap keluarga untuk menjaga, menjalankan pola kehidupan bersih dan sehat. Memastikan asupan gizi seimbang, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yang saat ini sangat bermanfaat dalam menangkal terjangkitnya COVID-19," kata Puan.

Baca Juga: Puan Maharani: Penyusunan Teknis Protokol Normal Baru Jangan Buru-buru

2. Puan berharap pemerataan jaminan kesehatan masyarakat

Lewat DPR, Puan Janjikan Penguatan Sistem Kesehatan di IndonesiaKetua DPR RI Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Puan juga mengatakan, politik kesehatan berdikari perlu diperkuat agar menghadirkan fasilitas kesehatan yang dapat diakses masyarakat, baik yang tinggal di kota maupun di desa. Maka perlu memperkuat formasi tenaga kesehatan di setiap rumah sakit dan puskesmas, plus industri nasional untuk peralatan rumah sakit, farmasi dan obat-obatan.

“Sistem jaminan kesehatan nasional yang memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan. Saat ini jaminan kesehatan Nasional diselenggarakan BPJS Kesehatan, dan diharapkan alokasi anggaran kesehatan tepat sasaran dan tepat manfaat,” ujar Puan.

3. Kemampuan riset dan inovasi perlu ditingkatkan

Lewat DPR, Puan Janjikan Penguatan Sistem Kesehatan di IndonesiaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Terakhir, upaya yang perlu ditingkatkan menurut Puan adalah memperkuat kemampuan riset, inovasi dan industri nasional dalam memenuhi alat kesehatan, farmasi, obat-obatan, APD, serta sarana dan prasarana kesehatan lainnya.

Puan mengaku bersyukur, di tengah pandemik, sejumlah universitas telah berinovasi membuat ventilator portabel sendiri. Ke depan, Pemerintah harus membangun kekuatan industri di bidang kesehatan melibatkan BUMN dan swasta.

"Ini dalam memenuhi kebutuhan nasional," imbuhnya.

4. Lewat DPR, Puan siap memperkuat ketahanan nasional di bidang kesehatan

Lewat DPR, Puan Janjikan Penguatan Sistem Kesehatan di IndonesiaKetua DPR RI Puan Maharani, Pertemuan dengan Pimpinan Media, 28 November 2019, Gedung DPR RI (IDN Times/Uni Lubis)

Sebagai Ketua DPR, Puan berjanji pihaknya akan menjalankan tugas konsitusionalnya dengan ikut memberikan perhatian yang sangat besar dalam membangun ketahanan nasional di bidang kesehatan. Melalui fungsi anggaran, DPR ikut mencermati dan mempertajam kebijakan pemerintah dalam mengalokasikan anggaran kesehatan yang mencapai 5 persen dari APBN.

"Khususnya untuk memastikan rakyat Indonesia baik yang mampu maupun tidak mampu mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Puan.

Baca Juga: Puan: DPR akan Mengawasi Penggunaan Anggaran Penanggulangan COVID-19  

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya