Luhut Pandjaitan Siap Hadiri Mediasi dengan Haris Azhar di Polda Metro

Mediasi antara Luhut dan Haris digelar Senin pekan depan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan bersedia untuk mediasi dengan Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidianti. Pengacara Luhut, Juniver Girsang, mengatakan mediasi kembali dijadwalkan di Polda Metro Jaya, Senin (15/11/2021).

“Senin jam 10.00 (WIB). Iya (sudah ada undangan dari penyidik),” kata Juniver saat dikonfirmasi, Jumat (12/11/2021).

Sebelumnya, Luhut melaporkan Haris dan Fatia dengan dugaan pencemaran nama baik dan menyebarkan berita bohong melalui media elektronik.

1. Luhut dua kali tak hadir mediasi karena tugas negara

Luhut Pandjaitan Siap Hadiri Mediasi dengan Haris Azhar di Polda MetroANTARA FOTO/Reno Esnir

Juniver menjelaskan kliennya sempat dua kali berhalangan memenuhi undangan penyidik untuk dimediasi dengan Haris Azhar. Hal tersebut lantaran Luhut sedang menjalankan tugas negara.

Untuk jadwal pekan depan, Juniver memastikan Luhut akan menghadiri mediasi tersebut.

“Mudah-mudahan tidak ada panggilan dan tugas negara. Dia (Luhut) siap hadir,” ujar Juniver.

Baca Juga: Juniver Girsang Tuduh Haris Azhar Pernah Minta Saham Freeport ke Luhut

2. Luhut pastikan akan meneruskan kasus ini ke pengadilan

Luhut Pandjaitan Siap Hadiri Mediasi dengan Haris Azhar di Polda MetroMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Luhut menegaskan akan melanjutkan kasus ini hingga ke pengadilan meski ada proses mediasi dari polisi. Ia ingin kasusnya menjadi pembelajaran untuk demokrasi di Indonesia.

“Supaya kita semua ini belajar bahwa tidak ada kebebasan absolut. Sudah berkali-kali saya sampaikan, kebebasan bertanggung jawab. Jadi jangan mengatakan hanya hak asasi yang ngomong aja, hak asasi yang diomongin juga kan ada,” ujar Luhut setelah menjalankan pemeriksaan di Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

3. Haris Azhar dan Menko Luhut akan dimediasi soal laporan pencemaran nama baik

Luhut Pandjaitan Siap Hadiri Mediasi dengan Haris Azhar di Polda MetroDirektur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar ketika berbicara di program siniar dengan Fatia Maulidiyanti (Tangkapan layar YouTube Haris Azhar)

Mediasi dilakukan berdasarkan surat telegram Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit perihal penanganan kasus UU ITE. Dalam perkara ini, Luhut melaporkan Haris dan Fatia dengan dugaan pencemaran nama baik dan menyebarkan berita bohong melalui media elektronik.

“Kita akan jadwalkan karena kita di sini ada surat edaran Kapolri terkait masalah seperti ini nantinya akan kita kedepankan mediasi. Kita mediasi di tahap penyelidikan kalau memang ada kesepakatan, kalau tidak akan berlanjut nanti,” ujar Yusri di Polda Metro, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Luhut Ada Tugas Negara, Mediasi dengan Haris Azhar Lagi-lagi Ditunda

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya