Macron Hina Islam, Rizieq Serukan Umat Muslim Turun Aksi 211 dan 411

Aksi 211 dan 411 merespons pernyataan Presiden Prancis

Jakarta, IDN Times - Pendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dari Mekkah menyerukan umat Islam untuk turun aksi membela Nabi Muhammad SAW di dua kota dalam waktu yang berbeda.

Aksi 211 digelar di depan Kedutaan Besar Perancis, Jakarta hari ini, sedangkan aksi 411 akan digelar di depan halaman Gedung Sate, Bandung pada Rabu (4/11/2020).

“Saya serukan kepada seluruh pecinta Nabi Muhammad SAW, untuk ikut setiap aksi membela Nabi di mana pun anda berada, kapan saja, di mana saja ada aksi membela Nabi, turun, ikut serta dalam aksi tersebut,” kata Rizieq lewat YouTube Front Tv, Senin (2/10/2020).

1. Aksi 211 dan 411 respons pernyataan Presiden Perancis

Macron Hina Islam, Rizieq Serukan Umat Muslim Turun Aksi 211 dan 411Presiden Prancis, Emmanuel Macron (ANTARA FOTO/Christophe Ena/Pool via REUTERS)

Rizieq menjelaskan, aksi ini merupakan respons kemarahan umat Islam atas pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam.

“Yang dihinakan dan dilecehkan oleh Presiden, masyarakat, dan media Prancis. Jangan pernah diam jika Nabi kita dihina,” ujarnya.

Baca Juga: Saat Jokowi Kecam Pernyataan Presiden Prancis Macron soal Islam

2. Rizieq minta umat Islam agar tak tinggal diam Nabi Muhammad dihina

Macron Hina Islam, Rizieq Serukan Umat Muslim Turun Aksi 211 dan 411Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Rizieq juga mengimbau kepada umat Islam di Indonesia untuk mengabaikan pernyataan pihak-pihak yang meminta umat Islam agar tidak marah karena Nabi Muhammad SAW dihina.

“Ini ajaran yang sesat dan menyesatkan. Jangan pernah diam, jangan berikan ruang kepada siapapun untuk merendahkan dan melecehkan Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidatonya mengatakan, akan tetap mempertahankan sekularisme. Ia juga sempat menyebut Islam merupakan salah satu agama yang tengah mengalami krisis, dan akan meningkatkan pengawasan terhadap umat Muslim di negaranya.

Macron menyampaikan hal itu pasca-terjadinya aksi teror yang menewaskan guru sejarah bernama Samuel Paty, yang diketahui memperlihatkan karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

3. Aksi 211 di Jakarta bersamaan dengan aksi buruh di Istana

Macron Hina Islam, Rizieq Serukan Umat Muslim Turun Aksi 211 dan 411IDN Times/Candra Irawan

Sejumlah serikat pekerja seperti KSPI, FSPMI, FSP KEP, SPN, dan ASPEK Indonesia akan menyampaikan pendapat di muka umum di sekitar kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Massa dari Front Pembela Islam (FPI) dan PA 212 juga akan menyampaikan orasi di depan Kedutaan Besar Perancis, Jakarta Pusat.

Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Istana Merdeka imbas dari rencana aksi elemen buruh yang kontra terhadap Undang-Undang Cipta Kerja.

"Hindari Kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo dikutip ANTARA.

Baca Juga: 7.766 Personel Gabungan Amankan Demo Macron dan Omnibus Law

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya