Mahfud MD Didesak Laporkan Kasus Tambang yang Libatkan Polri ke Jokowi

Polri disorot soal dugaan suap tambang ilegal

Jakarta, IDN Times - Polri sedang jadi sorotan lantaran beberapa petingginya diduga terlibat dalam suap tambang ilegal di Kalimantan Timur. Mereka yang disebut terlibat antara lain Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dan eks Kapolda Kaltim Irjen Herry Rudolf Nahak.

Menanggapi hal tersebut, Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mendesak Menkopolhukam Mahfud MD untuk turun tangan guna memperbaiki institusi Polri.

"Pak Mahfud kan Menkopolhukam. Dalam beberapa kasus, Pak Mahfud terlihat begitu progresif. Bagi saya itu menunjukkan sesuatu yang bagus untuk negara ini," kata Margarito saat dihubungi, Kamis (24/11/2022).

1. Margarito sebut Mahfud bisa meminta atensi Jokowi untuk kasus ilegal tambang

Mahfud MD Didesak Laporkan Kasus Tambang yang Libatkan Polri ke JokowiMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Margarito menjelaskan, Mahfud bisa meminta atensi Presiden Joko “Jokowi” Widodo agar segera memerintahkan Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit. Seperti saat Jokowi mendesak Kapolri untuk menuntaskan kasus Ferdy Sambo.

"Pak Mahfud sebagai menteri membantu presiden di bidang politik hukum dan keamanan, seperti yang sudah beliau lakukan dalam kasus Sambo, sekali lagi tepat kalau sikap yang sama ditunjukkan di kasus yang ini," paparnya.

"Malah menurut saya, Pak Mahfud segera memberitahukan kasus itu (pemerasan dan mafia tambang) kepada presiden dan meminta approval presiden. Dengan begitu, maka Pak Mahfud bisa leluasa bekerja mengimplementasikan kebijakan presiden," tambahnya.

Baca Juga: Hendra Kurniawan Akui Kabareskrim Terima Suap Tambang Ilegal

2. Margarito mendesak Mahfud untuk segera lapor Jokowi

Mahfud MD Didesak Laporkan Kasus Tambang yang Libatkan Polri ke JokowiPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Menurut Margarito, isu keterlibatan petinggi Polri dalam kasus tambang ilegal ini sangat serius. Sebab pelanggaran hukum yang sudah terkuak ke permukaan akan menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap institusi Polri.

Ia berharap agar Mahfud MD segera melapor dan meminta atensi Presiden Jokowi serta meyakinkan bahwa penyelesaian kasus ini sangat penting.

"(Mahfud) harus laporkan detail kasus yang sudah dia tahu. Ini ada kasus begini. Dan yakini bahwa Ini akan buruk buat pemerintahan kita," kata mantan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara ini.

3. Kecil kemungkinan Jokowi acuhkan kasus tambang ilegal

Mahfud MD Didesak Laporkan Kasus Tambang yang Libatkan Polri ke JokowiKabareskrim Polri Agus Andrianto (dok. ANTARA News/Pribadi)

Bagaimanapun viralnya kasus ini di media sosial, menurut Margarito, Mahfud MD harus dapat dukungan dan atensi Jokowi untuk menindak para polisi tersebut.

"Saya berpendapat ini harus ada atensi dari Pak Presiden. Tentu saja sebagai pembantu (Menteri), Pak Mahfud berada di depan untuk mengimplementasikan sikap Presiden," ujarnya.

Bagi Margarito, tak mungkin kasus ini diacuhkan oleh pemerintah, sebab skandal ini sudah merebak kemana-mana.

"Ini sudah beredar di mana-mana. Jadi Pak Mahfud hanya memastikan bahwa penegakan hukum itu bersih. Atau presiden mesti memberikan arahan apa kepada Pak Mahfud. Biarkan presiden yang menentukan," ujar dia.

Baca Juga: Hendra Akui Eks Kapolda Kaltim Terima Rp5 M dari Tambang Ilegal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya