Mahfud MD Pastikan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Segera Bebas

Mahfud pastikan keselamatan jiwa WNI tersebut

Jakarta, IDN Times - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan WNI yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina akan segera bebas. Upaya penyelamatan dari pemerintah terus dilakukan.

"Karena tidak mudah juga karena harus menyelamatkan jiwa ya. Kalau sekadar geruduk-geruduk itu mungkin akan lebih praktis," kata Mahfud usai menghadiri Open House Hari Natal di kediaman Menkominfo Jhonny G. Plate, Jakarta Selatan, Rabu (25/12).

1. Upaya pembebasan mengutamakan keselamatan jiwa

Mahfud MD Pastikan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Segera Bebas(TKI yang sempat diculik oleh Kelompok Abu Sayyaf Usman Yunus) Kementerian Luar Negeri

Dia mengatakan, upaya pembebasan itu mengutamakan keselamatan jiwa WNI yang disandera. Selain itu, keselamatan kelompok penyandera menurutnya juga tak bisa diabaikan.

"Tapi kan penyandera pun harus selamat, yang disandera terutama harus selamat. Sehingga kita tidak bisa leluasa untuk itu. Tapi sekarang sedang dalam pengejaran dan pengintaian itu sudah pasti," ujarnya.

2. Mahfud sempat membahas pembebasan sandera dengan Menhan Prabowo

Mahfud MD Pastikan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Segera BebasTwitter/@Prabowo

Mahfud juga mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya kembali bertemu hari ini di kediaman Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, namun tak membahas masalah tersebut.

"Oh tadi tidak, saya bicara dengan Pak Prabowo seminggu lalu, bukan tadi, tadi tidak sempat, tadi kan Natal," ucap Mahfud.

Baca Juga: Temui Duterte, Jokowi Minta Bebaskan 3 WNI yang Disandera Abu Sayyaf

3. Prabowo akan bertemu Menhan Filipina

Mahfud MD Pastikan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Segera BebasMenhan Prabowo usai bertemu Menko Polhukam Mahfud MD di Kemenko Polhukam, Jakarta. IDN Times/Hana Adi Perdana

Prabowo sebelumnya disebut akan bertemu Menhan Filipina untuk membahas upaya pembebasan seorang WNI yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf. Dua WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina sebelumnya telah berhasil dibebaskan.

"Pak Prabowo akan bertemu dengan Menhan Philipina di Manila beberapa hari ke depan untuk membahas hal tersebut, sekaligus berterima kasih karena telah membantu pembebasan 2 orang nelayan Indonesia," kata Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, Selasa (24/12).

4. Prabowo dan Menhan Filipina akan bertemu di Manila

Mahfud MD Pastikan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Segera BebasMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 22 November (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pertemuan Prabowo dan Menhan Filipina kemungkinan akan digelar pada 26 atau 27 Desember 2019 di Manila. Pertemuan akan membahas langkah preventif agar insiden penculikan tak terulang.

"Juga bicara tindak lanjut berikutnya terkait dengan langkah-langkah untuk mencegah kembali terulang penculikan-penculikan terhadap nelayan Indonesia, termasuk bicara dengan Malaysia," ujar Dahnil.

Baca Juga: WNI Disandera Abu Sayyaf, Polri Gandeng Badan Anti Penculikan Filipina

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya