Comscore Tracker

Melawan Pakai Pedang, Densus 88 Tembak Mati Terduga Teroris Makassar

MT mencoba melawan petugas dengan dua pedang

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri terpaksa menembak mati terduga teroris MT karena melakukan perlawanan kepada petugas saat melakukan penangkapan di Jalan Mannuruki, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/4/2021).

"MT (49 tahun) melakukan perlawanan dengan sangat agresif, dengan membawa atau mengacungkan dua buah pedang yang cukup panjang dan melakukannya membabi buta terhadap petugas pada saat diamankan tersebut," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap DPO Terduga Teroris SB di Jakarta Selatan

1. MT mantan napiter yang bebas pada 2016

Melawan Pakai Pedang, Densus 88 Tembak Mati Terduga Teroris MakassarAnggota JAD Sulsel yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri/Polda Sulsel

Ramadhan menjelaskan keterlibatan dari MT adalah merupakan anggota Jemaah Ansharut Daulah (JAD) wilayah Makassar kelompok Villa Mutiara yang terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar.

"Kemudian, yang bersangkutan merupakan mantan napi teroris yang dihukum 2013 dan dibebaskan pada 2016," ujarnya.

2. MT sempat terlibat pelemparan bom saat kampanye salah satu calon gubernur

Melawan Pakai Pedang, Densus 88 Tembak Mati Terduga Teroris MakassarIlustrasi bom. IDN Times/Mardya Shakti

Dalam penangkapan tersebut, Tim Densus 88 mengamankan barang bukti dua buah parang panjang milik MT. Hingga kini, total sudah ada 31 terduga teroris di wilayah Makassar dan sekitarnya yang ditangkap oleh Tim Densus 88 setelah kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral beberapa pekan lalu.

"MT juga pernah terlibat aksi pelemparan bom pada saat kampanye salah satu calon Gubernur SYL. Selain itu, yang bersangkutan juga mengikuti kajian daulah yang dipimpin ustaz B," ujar Ramadhan.

3. Sebelumnya Densus 88 menangkap 7 terduga teroris

Melawan Pakai Pedang, Densus 88 Tembak Mati Terduga Teroris MakassarIlustrasi Densus 88 Antiteror Mabes Polri saat penangkapan terduga teroris. (IDN Times/Syahrul Prayuda)

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror berhasil menangkap tujuh orang terduga teroris. Mereka diduga turut terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar.

Ramadhan menerangkan penangkapan dilakukan pada Selasa (13/4/2021).

"Densus 88 kembali melakukan penangkapan terhadap satu tersangka teroris atas nama MY. Sehingga, Selasa lalu, tim Densus berhasil menangkap tujuh," kata Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Ahmad menjelaskan ketujuh tersangka tersebut masih satu kelompok Villa Mutiara, yang berafiliasi dengan Jemaah Ansharut Daulah (JAD). Mereka adalah J, D, MS, S alias AL, W, S, dan MY.

Baca Juga: Kesaksian Warga, Detik-detik Densus Sergap Terduga Teroris MT

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya