Memetakan Jaringan TPPO di Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas 

Satgas TPPO Polri dipimpin langsung Wakabareskrim

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Tim ini berada di bawah koordinasi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Satgas tersebut dibentuk dengan tujuan memetakan dan menindak jaringan TPPO di Indonesia. Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim) Polri, Irjen Asep Edi Suheri, dipastikan bakal memimpin Satgas TPPO.

“Satgas TPPO Polri yang dipimpin oleh Wakabareskrim bertugas memetakan dan menindak jaringan TPPO di Indonesia,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho kepada IDN Times, Senin (5/6/2023).

1. Kapolri juga bentuk Satgasda TPPO dipimpin Wakapolda

Memetakan Jaringan TPPO di Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas Infografis korban TPPO di Myanmar (IDN Times/Aditya)

Satgas TPPO itu dibentuk langsung Kapolri dalam video conference (vicon) dengan jajaran pejabat Mabes Polri dan para Kapolda. Vicon ini dilaksanakan di Puldasis Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan (5/6/2023).

Kapolri juga meminta agar Satgas TPPO ini ditindaklanjuti oleh jajaran Kepolisian Daerah.

“Serta ditindaklanjuti di setiap Polda membentuk Satgasda TPPO dipimpin Wakapolda,” kata Sandi.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Kadiv Humas Monitor Hasil Pemetaan Satgas TPPO

2. Kadiv Humas diberi tugas monitoring hasil pemetaan Satgas TPPO

Memetakan Jaringan TPPO di Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho (IDN Times/Irfan Fathurohman).

Dalam struktur Satgas TPPO, Kapolri juga menunjuk Wakil Kepala Satgas TPPO, yakni Kepala Korps Binmas, Irjen Pol Hary Sudwijanto.

Selain itu, Kapolri juga menugaskan Kadiv Humas Polri untuk melakukan monitoring media terkait perkembangan kasus TPPO.

Hal ini bertujuan untuk memberikan transparansi dan menjaga informasi yang akurat terkait penanganan TPPO kepada masyarakat.

“Humas memonitor hasil pemetaan dan pengungkapan TPPO baik oleh Satgas pusat dan daerah, serta memitigasi informasi tersebut kepada teman-teman media,” kata Sandi.

3. Kapolri ancam copot anggota yang tidak dapat mengungkap kasus TPPO di wilayahnya

Memetakan Jaringan TPPO di Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasum Polri. (Dok/Polri)

Dalam vicon tersebut, Kapolri memberikan arahan yang tegas terkait penanganan TPPO yang menjadi perhatian serius dari Presiden Republik Indonesia.

“Jajaran kepolisian yang tidak dapat mengungkap kasus TPPO di wilayahnya akan menghadapi konsekuensi serius. Mereka akan diproses hukum dan dicopot dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap penanganan tindak pidana ini,” ucap Kapolri dalam vicon, dikutip dari laman resmi Humas Polri.

Baca Juga: Kapolri Resmi Bentuk Satgas TPPO, Dipimpin Wakabareskrim Irjen Asep

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya