Menanti Putusan Amnesti, Baiq Nuril Bawa Anak Bungsunya ke DPR

Amnesti Baiq Nuril akan jadi kado untuk Rafi

Jakarta, IDN Times - Terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (UU ITE), Baiq Nuril Maknun, mendatangi Komisi III DPR ditemani anak bungsunya, Rafi.

Menggunakan kaus warna merah senada dengan warna kerudung ibunya, Rafi tersenyum merekah saat ibunya dikelilingi wartawan. Membawa anak ke sidang pleno yang menentukan nasib amnestinya, Nuril berharap dapat kado terindah di Hari Anak untuk Rafi.

“Kebetulan sekarang kan Hari Anak Nasional. Jadinya mungkin (pemberian amnesti) hadiah buat anak saya,” kata Nuril didampingi anggota DPR, Rieke Diah Pitaloka, di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/7).

Baca Juga: Tiga Fraksi di DPR Beri Sinyal Lampu Hijau untuk Amnesti Baiq Nuril

1. Amnesti Nuril, harapan untuk Rafi

Menanti Putusan Amnesti, Baiq Nuril Bawa Anak Bungsunya ke DPRIDN Times/Irfan Fathurohman

Pengacara Joko Jumadi juga memberikan alasan mengapa Nuril membawa anaknya. Menurut Joko, Nuril sangat berharap mendapatkan amnesti untuk bisa menghidupi anaknya.

“Jadi sengaja kami bawa adek Rafi, karena hari ini adalah Hari Anak Nasional, jadi kami berharap DPR terkait dengan permohonan amnesti bu Nuril, ini bisa dikabulkan,” kata Joko.

“Menjadi pertimbangan juga bahwa ada anak yang sangat mengharapkan ibunya bisa bebas. Ibunya tidak dipersalahkan,” sambung Joko.

2. Tiga fraksi dukung amnesti Baiq Nuril

Menanti Putusan Amnesti, Baiq Nuril Bawa Anak Bungsunya ke DPRIDN Times/Irfan Fathurohman

Dewan Perwakilan Rakyat akan menanggapi surat permohonan pertimbangan amnesti Baiq Nuril hari ini, Selasa (23/7). Seluruh fraksi dari Komisi III DPR akan memberikan pandangan.

Ketua Komisi lll DPR RI dari Fraksi Golkar Aziz Syamsuddin, akan mengarahkan pandangan dari partainya terkait kasus Baiq Nuril dengan pemberian amnesti.

“Saya sudah melakukan kajian secara hukum berkaitan dengan ini, Golkar arahnya ke sana. Mengarahkan memberikan persetujuan (amnesti),” kata Aziz di kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (23/7).

3. Fraksi PKS menilai Baiq Nuril pantas dapat amnesti

Menanti Putusan Amnesti, Baiq Nuril Bawa Anak Bungsunya ke DPRIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Nasir Djamil mengatakan, kemungkinan besar surat tersebut akan disambut baik.

“DPR tidak ada halangan pemberian amnesti tersebut, karena sudah dari awal Presiden memberikan amnesti,” kata Nasir di gedung Parlemen.

4. PDIP juga mendukung amnesti Baiq Nuril

Menanti Putusan Amnesti, Baiq Nuril Bawa Anak Bungsunya ke DPRIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Selaras dengan PKS, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Herman Herry mengatakan, Fraksi PDI Perjuangan memberikan dukungan penuh untuk pemberian amnesti bagi Baiq Nuril.

"Kami dari Fraksi PDI Perjuangan pada prinsipnya mendukung pemberian amnesti kepada Baiq Nuril, dalam rangka memberikan jaminan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia," kata Herman, di Jakarta, Senin (22/7).

Baca Juga: Ini Isi Surat Presiden Jokowi untuk Amnesti Baiq Nuril ke DPR

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya