Comscore Tracker

Menkopolhukam Perintahkan Polisi Usut Tuntas Pelaku Kerusuhan Papua

Wiranto sebut ada oknum di kerusuhan Papua

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menginstruksikan jajaran aparat penegak hukum, untuk mengusut kasus kerusuhan Papua hingga tuntas dan adil.

"Telah diinstruksikan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan adil bagi siapa pun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum dalam peristiwa ini," kata Wiranto dalam jumpa pers menyikapi kerusuhan di Papua, kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Sementara, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan situasi di Manokwari, Papua Barat, yang sebelumnya sempat terjadi kerusuhan, saat ini berangsur kondusif.

Tito menjelaskan terkait kejadian ini, pihaknya sudah menginstruksikan kapolda setempat, untuk melakukan tindakan pengamanan dan menghindari terjadinya kekuatan berlebihan.

"Saya dapat laporan dari Kapolda Papua Barat, situasi sudah berangsur kondusif. Saya sudah sampaikan kepada Kapolda Papua maupun Papua Barat, untuk melakukan langkah-langkah pengamanan dan hindarkan terjadi nya kekuatan yang berlebihan," ujar Tito dikutip dari kantor berita Antara, Senin.

Kerusuhan di Manokwari bermula dari sejumlah mahasiswa menggelar long march dan demonstrasi di sekitar gedung DPRD Papua Barat. Mereka berunjuk rasa terkait dugaan tindak rasisme saat penanganan mahasiswa Papua di Semarang, Malang, dan Surabaya.

Selain unjuk rasa, mereka membakar gedung DPRD Papua Barat dan eks rumah gubernur, serta memblokade sejumlah jalan dengan membakar ban bekas di tengah jalan. Akibatnya lalu lintas lumpuh hingga situasi di Manokwari menegang. Akibat kerusuhan ini, beberapa polisi juga terluka.

Aksi unjuk rasa juga meluas ke sejumlah daerah di Papua seperti Jayapura, Sorong, hingga Merauke. Namun situasi di Papua sekarang ini berangsur kondusif. Massa mulai membubarkan diri kembali ke tempat masing-masing.

Baca Juga: Gubernur Jatim Minta Maaf soal Kasus Penggerebekan Mahasiswa Papua

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You