Comscore Tracker

Momen Jaksa Buka Masker Para Tersangka Kasus Brigadir J di Kejagung 

Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi diperlakukan berbeda

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung menerima pelimpahan tahap II tersangka pembunuhan berencana dan obstruction of justice atau menghalangi penyidikan kasus  Brigadir J, Rabu (5/10/2022).

Dalam kesempatan itu, kecuali Ferdy Sambo, para tersangka ditampilkan secara bergantian di depan gedung Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum). Jaksa pun sempat melepaskan masker hitam yang mereka pakai di hadapan para jurnalis.

Salah satunya, rombongan tersangka obstruction of justice, Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Pol Agus Nurpatria yang maskernya turut dicopot oleh jaksa saat ditampilkan di muka. Mereka berdua ditampilkan dengan menggunakan seragam tahanan Kejaksaan Agung dan tangan yang diborgol.

Berikut pantauan IDN Times di lokasi saat momen para tersangka ditampilkan tanpa masker!

Baca Juga: Diiringi Hujan, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Tiba di Kejagung

1. Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tidak ditampilkan

Momen Jaksa Buka Masker Para Tersangka Kasus Brigadir J di Kejagung Tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, Putri Candrawathi (IDN Times/ Tata Firza)

Berbeda dengan tersangka lainnya, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tidak ditampilkan dalam kesempatan itu. Mereka hanya melintas di depan kerumunan jurnalis tanpa membuka masker.

Ferdy Sambo merupakan tersangka pertama yang keluar dari gedung Jampidum menggunakan seragam tahanan dengan tangan diborgol. Kemudian, Putri juga keluar dengan kondisi serupa.

Baca Juga: Anggota Brimob Payungi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Kejagung

2. Jaksa tampilkan Kuat Ma’ruf, Bripka Ricky Rizal dan Bharada E

Momen Jaksa Buka Masker Para Tersangka Kasus Brigadir J di Kejagung Tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma’ruf (kiri) dan Bripka Ricky Rizal (kanan) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Setelah Ferdy Sambo dan Putri meninggalkan Kejagung, jaksa kemudian menampilkan dua tersangka pembunuhan berencana Brigadir J. Mereka adalah sopir pribadi keluarga Sambo, Kuat Ma’ruf dan Bripka Ricky Rizal.

Keduanya merupakan tersangka pertama yang ditampilkan di depan jurnalis. Jaksa saat itu melepas masker keduanya.

Setelah itu, jaksa menampilkan Bharada E atau Richard Eliezer seorang diri. Masker tersangka yang merupakan justice collaborator itu juga dilepas oleh jaksa saat ditampilkan di hadapan publik.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Naik Mobil Rantis Bersama

3. Kompol Baiquni, Kompol Chuck Putranto, AKP Irfan Widyanto dan AKBP Arif Rahman turut ditampilkan tanpa masker

Momen Jaksa Buka Masker Para Tersangka Kasus Brigadir J di Kejagung Dari kiri ke kanan Kompol Baiquni, Kompol Chuck Putranto, AKP Irfan Widyanto dan AKBP Arif Rahman. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Terakhir, empat tersangka obstruction of justice lainnya, yakni Kompol Baiquni, Kompol Chuck Putranto, AKP Irfan Widyanto, dan AKBP Arif Rahman menjadi rombongan terakhir yang ditampilkan jaksa tanpa masker.

Seluruhnya memakai seragam tahanan kejaksaan dengan kondisi tangan diborgol.

Baca Juga: Kejagung Gabungkan 2 Perkara Ferdy Sambo Agar Efektif di Persidangan 

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya