Mulai Jumat Diberlakukan One Way dari Tol Kalikangkung hingga Cikampek

One way dilakukan saat arus balik Lebaran 2022

Jakarta, IDN Times - Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, ada tujuh langkah yang akan diterapkan dalam rangka mengupayakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat saat melakukan perjalanan kembali dari kampung halaman ke kota domisilinya.

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah (one way) mulai KM 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Mulai 6 Mei, Ini Jadwal Contraflow Arus Balik di Tol Trans Jawa

1. One way dari pintu tol Kalikangkung hingga Cikampek

Mulai Jumat Diberlakukan One Way dari Tol Kalikangkung hingga CikampekAntrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Dedi menjelaskan, jika volume kendaraan sangat padat menuju Jakarta, maka sejak hari Jumat (6/5/2022) pukul 14.00 sampai 24.00 WIB akan diberlakukan one way dimulai dari GT Kalikangkung KM 414 sampai Tol Cikampek KM 47, diteruskan contra flow sampai KM 28,5.

Rekayasa lalu lintas ini juga berlaku dan bersifat situasional pada puncak arus balik yang diprediksi pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5/2022).

“Langkah kedua tentunya Polri, Kemenhub serta stakeholders terkait terus-menerus mensosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way,” ujar Dedi.

2. Rute alternatif Jakarta arah Bandung

Mulai Jumat Diberlakukan One Way dari Tol Kalikangkung hingga CikampekIDN Times/Aris Darussalam

Berikut rute alternatif Jakarta arah Bandung:

1. Jagorawi – Puncak – Cisarua – Cipanas – Cianjur – Sukaluyu – Cipatat – Padalarang – Bandung.
2. Jagorawi – Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cianjur – Padalarang – Bandung.
3. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Wanayasa – Lembang – Bandung.
4. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Sukatani – Darangdan – Cikalong – Padalarang –
Bandung.
5. Jagorawi – Sukabumi – Cianjur – Padalarang – Bandung.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” ujar Dedi.

3. Polri siapkan rest area hingga memastikan ketersediaan BBM

Mulai Jumat Diberlakukan One Way dari Tol Kalikangkung hingga CikampekRest Area Tol Trans Jawa (IDN Times/Dwi Agustiar)

Langkah keempat, Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS) untuk menginfokan kapasitas parkir kepada pengendara sebelum masuk rest area.

“Kelima, mengimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area. Diharapkan dapat memanfaatkan rest area yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat,” ucap Dedi.

Dedi menjelaskan, langkah antisipatif keenam ialah soal jaminan ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel, dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat ketika mengalami kendala dengan kendaraannya.

“Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, pasokan listrik,” imbuh mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini.

Terakhir, Dedi menyampaikan langkah pencegahan kemacetan saat arus balik ialah dengan meminimalisir hambatan di rute alternatif, sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.

Baca Juga: Erick Thohir: Tantangan Arus Balik Lebih Besar dari Arus Mudik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya