Comscore Tracker

Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di Dunia

Indonesia terpilih sebagai lokasi pertama di luar Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Museum perjalanan hidup dan syi'ar Nabi Muhammad SAW atau Museum Rasulullah segera dibangun di Cimanggis, Jawa Barat.

"Kami sudah sangat siap memulai pembangunan museum," kata Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) H. Syafruddin usai menghadiri pertemuan dengan Ketua Yayasan Wakaf Assalam Dr Nashir Az-Zahroni di Makkah, dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (25/12).

Syafruddin mengatakan dalam waktu dekat akan dilakukan pembersihan lahan di kawasan tersebut.

1. DMI membuat rancangan awal Museum Rasulullah

Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di DuniaIDN Times/Istimewa

DMI sendiri telah memiliki rancangan awal Museum Rasulullah. Rancangan tersebut sempat ditayangkan di pertemuan dengan Yayasan Wakaf Assalam Dr Nashir Az-Zahroni. Syafruddin memastikan semua pihak di Indonesia bahu-membahu mewujudkan berdirinya Museum Rasulullah.

"Pemerintah, para arsitek, masyarakat, semua bahu-membahu tanpa pamrih mendukung pembangunan museum. Mereka semua tak mengharap balasan di dunia, melainkan ridha dari Allah SWT," kata dia.

2. Indonesia terpilih sebagai lokasi pertama di luar Arab Saudi dibangunnya museum tersebut

Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di DuniaIDN Times/Uni Lubis

Museum Rasulullah sebelumnya berdiri di dua kota, yakni Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy di Makkah dan Museum Shirah Nabawiyah di Madinah. Museum Rasulullah di Cimanggis nantinya akan menjadi museum ketiga.

"Kami tinggal menunggu kesiapan pihak Indonesia. Selepas pertemuan ini, seharusnya sudah langsung kerja. Kita semua sudah siap," kata Ketua Yayasan Wakaf Assalam Dr Nashir Az-Zahroni.

3. Museum Rasulullah akan dibangun di UIII

Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di DuniaInstagram/Dewan Masjid Indonesia

Nashir dan tim telah mengumpulkan naskah, manuskrip, dan benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW yang selama ini terserak di beberapa negara. Semua temuan tersebut nantinya akan ditampilkan di Museum Rasulullah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan diperlukan sarana penunjang untuk mendukung dibangunnya Museum Rasulullah di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Cimanggis.

"Ke depan kalau jadi dilakukan kita berharap agar dibangun sarana penunjang. Memang kalau untuk wisata, maka bayangan orang akan melihat akses jalan menuju ke lokasi dan lainnya," kata Idris di Depok, Sabtu.

4. Pemkot Depok siap membuat sarana penunjang

Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok, Jadi Museum ke-3 di DuniaIDN Times/Irfan Fathurohman

Ia mengatakan Pemerintah kota Depok menyambut baik rencana pembangunan museum Rasulullah. Sarana penunjang menuju tempat wisata religi dan edukasi tersebut akan disiapkan.

"Rencana pembangunan museum Rasulullah merupakan kegiatan Strategis Nasional yang berdasarkan aturan dan ketentuan," katanya.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya