Nama Indra Bambang Masuk Bursa Calon Ketua Umum Golkar

Ada enam nama yang masuk menjadi caketum Golkar

Jakarta, IDN Times - Setelah ramai pemberitaan soal perebutan kursi Ketua Umum Partai Golkar oleh Airlangga dan Bambang Soesatyo, kini muncul nama baru yang masuk bursa calon ketua umum (caketum). Dia adalah politisi senior Golkar Indra Bambang Utoyo.

Indra mengatakan akan maju sebagai calon ketua umum Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) 2019. Apa alasan Indra Bambang Utoyo maju dalam munas?

Baca Juga: Munas Belum Pasti, DPP Golkar Ajukan Pergantian Struktur Kepengurusan 

1. Melihat kondisi partai yang kian terpuruk

Nama Indra Bambang Masuk Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Istimewa

Dia mengatakan salah satu faktor utama yang meneguhkan dirinya untuk maju adalah karena melihat kondisi partai semakin terpuruk.

"Menurunnya perolehan suara dan kursi DPR RI pada pemilu 2019 disebabkan faktor kepemimpinan bermasalah, tidak ada isu strategis, tidak terlaksananya konsolidasi dengan baik," kata Indra dilansir dari Kantor Berita Antara, Minggu (21/7).

2. Konflik internal hingga praktik korupsi oleh kader Golkar

Nama Indra Bambang Masuk Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Arief Rahmat

Dia menambahkan kondisi partai terpuruk juga disebabkan konflik internal serta persaingan kekuasan yang membuat partai terbelah.

Selain itu ada berbagai kasus korupsi yang menjerat kader partai termasuk mantan tokoh sentral Golkar seperti Setya Novanto dan Idrus Marham.

3. Golkar dinilai apatis terhadap isu paham khilafah

Nama Indra Bambang Masuk Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/Irfan Fathurohman

Indra juga melhat Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto seolah tidak menunjukkan kekhawatiran terhadap perkembangan paham khilafah. Dia menekankan semestinya Golkar menjadi partai terdepan dalam melawan perkembangan paham tersebut.

Baca Juga: Calon Ketua Umum Harus Bisa Kembalikan Kejayaan Golkar 20 Tahun Lalu

4. Indra masih menunggu munas untuk segera deklarasi

Nama Indra Bambang Masuk Bursa Calon Ketua Umum GolkarIDN Times/DPR RI

Sementara itu mengenai waktu untuk mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum, Indra menyatakan masih menunggu kepastian kapan munas diselenggarakan.

Sejauh ini telah ada sedikitnya lima kader Golkar yang mendeklarasikan diri maju sebagai calon Ketua Umum Golkar dalam Munas 2019. Mereka adalah Airlangga Hartarto selaku petahana, Bambang Soesatyo, Ali Yahya, Ulla Nuchrawatty dan Marlinda Irwanti. Sementara nama lain yang disebut juga akan maju, Ridwan Hisyam.

Baca Juga: Golkar Sulsel Deklarasikan Airlangga Jadi Caketum Golkar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya