Ombak Besar Hantam Kawasan Bisnis di Manado

Air sampah masuk dan timbulkan kerusakan di kawasan bisnis

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan dengan potongan video berisi hantaman ombak besar yang terjadi di pesisir pantai Manado, Minggu (17/1/2021) sore sampai malam. Ombak yang tinggi menyebabkan air laut masuk dan membanjiri kawasan bisnis Megamas dan Manado Town Square (Mantos).

Wali Kota Manado Vicky Lumentut, melalui Kasub Humas Orlando David mengkonfirmasi kejadian sebagaimana terlihat di video viral tersebut.

"Ombak besar menerjang kedua kawasan itu, menyebabkan air laut masuk membanjiri kawasan tersebut, bahkan sudah sampai ke Jalan Raya Piere Tenden Boulevard," kata Orlando David, dikutip ANTARA, Minggu.

1. Warga diminta waspada dengan ombak susulan

Ombak Besar Hantam Kawasan Bisnis di ManadoANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dia mengatakan, banjir rob di kawasan itu bahkan sudah sampai di depan Hotel Ibis yang berhadapan dengan kawasan bisnis dan perekonomian Mantos. "Karena itu, Wali kota Vicky Lumentut, mengimbau seluruh warga agar waspada dan menghindar dulu dari area-area yang berbahaya yang bisa mengancam nyawa," kata Orlando.

Dia mengatakan air laut yang masuk terdorong hempasan ombak ke kawasan bisnis itu, sempat membuat orang-orang panik. Kawasan bisnis tersebut pun ditutup secepatnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Manado, 33 Kelurahan Terdampak, 6 Orang Meninggal

2. Ombak menyebabkan kerusakan di kawasan bisnis

Ombak Besar Hantam Kawasan Bisnis di ManadoTim BPBD Manado, Basarnas Manado dan sejumlah relawan melakukan evakuasi korban tanah longsor di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1/2021) malam. (Dok. BPBD Kota Manado)

Sementara itu, petugas Tagana Jufry Almakawi, mengatakan banjir rob yang disebabkan gelombang tinggi yang pecah menjadi ombak besar itu, juga sudah menyebabkan kerusakan.

"Sampai malam ini, ombak masih menghantam kawasan bisnis dan perekonomian yang posisinya memang berada tepat di pantai Manado sehingga kawasan wisata kuliner mulai dari Jangkar Sandar sampai bagian depan MTC ada yang rusak, dan air laut menghantam semua kawasan bisnis itu," katanya.

3. Air bercampur sampah masuk ke kawasan bisnis

Ombak Besar Hantam Kawasan Bisnis di ManadoBanjir merendam kawasan pemukiman warga di Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1/2021). (Dok. BPBD Kota Manado)

Bahkan, menurut Jufry, sampai malam ini air bercampur sampah masih masuk ke kawasan perekonomian tersebut, sehingga banyak yang sudah menutup tempat usahanya.

“Mengimbau warga agar jangan mendekati area tersebut, karena kalau tidak berhati-hati bisa saja terseret air karena hempasan ombak besar, dan mengingatkan agar tidak perlu panik sambil tetap berhati-hati,” ujarnya.

Baca Juga: Longsor di Manado Sulawesi Utara, Satu Keluarga Tewas Tertimbun Tanah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya