Pakai Baju Adat Aceh, Ini Doa Menag Fachrul di Upacara HUT ke-75 RI

Menag berdoa bangsa Indonesia kuat dalam hadapi pandemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi didaulat membaca doa pada upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Senin (17/08/2020). Upacara tingkat kenegaraan ini dipimpin oleh Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo.

“Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-75," demikian Menag mengawali doanya.

Kenakan pakaian adat Aceh, Menag melanjutkan harapan agar Indonesia terus mendapat limpahan rahmat Allah, sehingga mampu membangun diri menjadi bangsa yang maju dan kompetitif. Menag turut mendoakan para pahlawan bangsa senantiasa mendapat kasih sayang-Nya, serta Indonesia segera terbebas dari pandemik COVID-19.

"Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya," harap Menag.

Suasana peringatan Upacara HUT ke-75 RI tahun ini terasa berbeda. Selain tak mengundang tamu dan pejabat negara, para peserta dan petugas upacara semuanya terlihat mengenakan masker sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Mulai dari Komandan Upacara, para Paskibraka, peserta upacara, hingga para pejabat negara yang hadir di mimbar juga turut mengenakan masker. Jarak pun diatur dengan ketat satu sama lain.

Upacara dalam memperingati HUT ke-75 RI digelar dua sesi. Sesi pertama atau pagi yaitu Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang digelar pukul 09.00 WIB. Sedangkan sesi kedua atau siang yaitu Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah-Putih yang digelar pukul 15.45 WIB.

Ada pun pejabat negara yang hadir dalam upacara hari ini yaitu Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin dan Ibu Wapres, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua Mahkamah Agung, Ketua Komisi Yudisial, Ketua Mahkamah Konstitusi, Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Agama.

Baca Juga: Ini Lho Makna Baju Adat Timor Tengah Selatan yang Dipakai Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya