PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais Mundur dari Partai dan DPR RI

DPP PAN belum menerima surat pengunduran diri Hanafi Rais

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menghormati keputusan putra Amien Rais, Hanafi Rais mundur dari anggota DPR RI dan kepengurusan PAN 2020-2025.

“Kami percaya bahwa setiap insan politik dapat berbakti dan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat sesuai dengan cara yang dianggap terbaik bagi dirinya masing-masing,” kata Eddy saat dihubungi, Selasa (5/5).

1. DPP PAN belum menerima surat pengunduran diri Hanafi Rais

PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais Mundur dari Partai dan DPR RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun demikian, DPP PAN kata Eddy, belum menerima surat bermaterai Rp6.000 yang merupakan pernyataan pengunduran diri Hanafi Rais.

“Saya belum mendengarnya dan belum juga menerima surat yang telah beredar di teman-teman media,” kata Eddy.

Baca Juga: Loyalis Zulhas: Kader PAN Jangan Memprovokasi Amien Rais

2. Asri Anas membenarkan surat pengunduran diri Hanafi

PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais Mundur dari Partai dan DPR RISurat Hanafi Rais mundur dari anggota DPR Fraksi PAN (Dok. Istimewa)

Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas membenarkan surat pernyataan pengunduran diri Hanafi Rais.

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi, benar beliau mundur seperti disurat,” kata Anas saat dikonfirmasi, Selasa (5/5).

3. Hanafi Rais mundur dari DPR dan kepengurusan PAN

PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais Mundur dari Partai dan DPR RIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hanafi Rais mengundurkan diri dari kepengurusan Partai PAN dan dari anggota DPR RI periode 2019-2024. Hal tersebut ia sampaikan melalui surat tertanggal 5 Mei 2020 yang ditandatangani langsung oleh Hanafi.

“Bersama ini kami, saya menyatakan mengundurkan diri Ketua DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN, dan dari anggota DPR fraksi PAN 2019-2024,” tulis Hanafi.

4. Hanafi sebut PAN gagal menjadi partai penyeimbang pemerintah

PAN Hormati Keputusan Hanafi Rais Mundur dari Partai dan DPR RIANTARA FOTO/Reno Esnir

Dalam surat tersebut, Hanafi tidak menjelaskan alasannya mundur, namun ia hanya menyesalkan kongres PAN pada Februari lalu yang sarat dengan kekerasan.

“Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang terjadi,” kata.

Hanafi menilai, pasca-kembali terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua PAN 2020-2025, PAN telah melewatkan momentum menjadi partai penyeimbang pemerintah setelah Zulhas menyatakan diri untuk mendukung pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo.

“Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan," kata Hanafi.

Baca Juga: Putra Amien Rais Mengundurkan Diri dari Anggota DPR RI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya