Pandemik COVID-19, PDIP Malah Berencana Gelar Haul Bung Karno

Haul akan digelar di Blitar pada 6 Juni

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memastikan proses peringatan kelahiran Bung Karno di Blitar tetap dilaksanakan pada 6 Juni mendatang meski di tengah pandemik. Peringatan itu, kata Djarot, akan mengedepankan protokol COVID-19 dan diselenggarakan dengan sederhana.

"Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Blitar. Penyelenggaraan pada 1 Juni Hari Pancasila dan 6 Juni Hari Lahir Bung Karno tetap diperingati, tetapi dengan protokol Covid, tidak banyak orang," kata Djarot dalam konferensi pers tentang rangkaian aktivitas partai dalam perayaan Juni sebagai Bulan Bung Karno, melalui konferensi virtual, Kamis (27/4).

1. Sebelum ada virus corona, haul dan peringatan Hari Pancasila jadi acara wajib di Blitar

Pandemik COVID-19, PDIP Malah Berencana Gelar Haul Bung KarnoRepro Buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat

Mantan wali kota Blitar dua periode ini mengatakan bahwa di daerah tersebut pada biasanya memiliki tiga agenda peringatan di setiap Juni. Pertama memperingati Hari Pancasila pada 1 Juni, Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni dan Haul Bung Karno pada 20 Juni.

Djarot mengisahkan pada saat keadaaan normal sebelum ada pandemik virus corona, masyarakat Blitar menggelar upacara dan karnaval sebagai sebuah tradisi. 

"Di Blitar dikenal dengan istilah gerebek Pancasila. Karena setelah acara itu seluruh peserta upacara dengan pendekatan budaya membawa simbol-simbol tentang Pancasila, tentang Indonesia, dan membawa gunungnan lima, yang nanti akan dibawa ke makam Bung Karno pakai karnaval dan sangat ramai, itu zaman normal," kata dia.

Pada 6 Juni, masyarakat Blitar biasanya menggelar tumpengan, makan bersama sekaligus berdoa untuk Bung Karno dan negara. Lalu pada 20 Juni, masyarakat Blitar menggelar Haul Bung Karno sekaligus berdoa bersama.

Baca Juga: Padati Makam Bung Karno, Masyarakat Antusias Sambut Haul ke-48

2. Haul akan tetap diadakan dengan protokol kesehatan ketat

Pandemik COVID-19, PDIP Malah Berencana Gelar Haul Bung KarnoJaga jarak saat beribadah di masjid (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak tidak akan dilakukan di tengah pandemik ini. Namun, Djarot mengingatkan acara tetap dilaksanakan dengan protokol COVID-19.

"Jadi tiga acara itu tetap berlangsung di Blitar dengan kemasan yang baru baik secara fisik maupun virtual," tandas Djarot.

3. Hasto menegaskan seluruh rangkaian acara dilaksanakan secara virtual

Pandemik COVID-19, PDIP Malah Berencana Gelar Haul Bung KarnoIDN Times/Khaerul Anwar

Secara terpisah, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto menegaskan, seluruh kegiatan bulan Bung Karno tahun ini dilaksanakan secara daring, baik melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media. Tema perayaan tahun ini, ‘Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi COVID-19’.

“Tema ini mengangkat benang merah sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang di dalam setiap momentum penting, selalu hadir sosok Bung Karno,” ujar Hasto saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Haul Bung Karno ke-48 Diperingati Nasionalis dan Nahdiyin

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya