Comscore Tracker

Partai Golkar Siap Wujudkan Dua Mimpi Besar BJ Habibie

Wah, apa saja ya dua mimpi BJ Habibie itu?

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar memiliki dua pekerjaan rumah (PR) dari almarhum BJ Habibie. Pekerjaan rumah pertama mewujudkan proyek pesawat R80, dan PR kedua, yakni membangun sebuah universitas bernama Institut Teknologi Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum parpol berlambang pohon beringin itu, Airlangga Hartarto dalam forum silaturahmi dengan anggota DPRD Partai Golkar terpilih hingga anggota Fraksi Golkar DPR RI di Hotel Ritz Carlton, Kawasan SCBD, Jakarta Selatan pada Sabtu (14/9). 

Dalam pidatonya, Airlangga mengenang kisah perjuangan mendiang BJ Habibie yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar.

“Beliau adalah ketua dewan kehormatan dan kami cukup dekat karena saya mengenal beliau dari mahasiswa sampai terus ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), kemudian mendirikan perguruan tinggi Institut Teknologi Indonesia, dan sampai beliau merestrukturisasi PT Dirgantara Indonesia (DI),” kata Airlangga siang tadi. 

Lalu, bagaimana cara Partai Golkar mewujudkan mimpi besar Presiden ke-3 RI itu? 

1. Partai Golkar akan mengawal proyek pesawat R80

Partai Golkar Siap Wujudkan Dua Mimpi Besar BJ HabibieIDN Times/Irfan fathurohman

Airlangga mengatakan DPR dan pemerintahannya sudah terlibat dalam proyek pembuatan pesawat R80 agar menjadi proyek strategis nasional. Nah, kini proyek Golkar ke depan yakni untuk mengawal mimpi itu agar bisa diwujudkan. Golkar akan membantu untuk proyek pembuatan R80 diperhatikan di tingkat nasional. 

“DPR dan pemerintah pada waktu itu terlibat sampai pada mimpi beliau yang terakhir untuk pesawat R80. Kami akan kawal menjadi proyek strategis nasional,” ujar Airlangga. 

Baca Juga: Surat Romantis Ainun untuk Sang Suami di Perayaan Ultah ke-60 Habibie

2. Partai Golkar akan membangun Institut Teknologi Indonesia

Partai Golkar Siap Wujudkan Dua Mimpi Besar BJ HabibieIDN Times/Irfan fathurohman

Mimpi kedua Habibie yang akan diwujudkan oleh Partai Golkar yakni mereka akan mengawal dan menciptakan sebuah perguruan tinggi bernama Institut Teknologi Indonesia. 

“Jadi ada dua PR Pak Habibie, saya minta Pak Ferdiansyah (Komisi X DPR RI) untuk melaksanakan yaitu membuat Institut Teknologi Indonesia menjadi perguruan tinggi negeri dan ini ada di wilayah Banten,” kata dia. 

3. Habibie merajut mimpi agar Pesawat R80 mengudara

Partai Golkar Siap Wujudkan Dua Mimpi Besar BJ Habibieregio-aviasi.co.id

Seperti diketahui, Habibie membangun perusahaan Regio Aviasi Industri yang tengah menggarap proyek pesawat bernama R80. Rencananya pesawat ini diproduksi massal pada 2024.

Habibie pernah memperkenalkan rancangan pesawat ini pada 2013 lalu. Presiden ke-3 RI itu juga sempat meminta bantuan ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar mimpi itu bisa segera diwujudkan. 

Tak disangka, mimpi itu segera terwujud. Pesawat R80 rencananya dirakit tahun ini dan mulai dijual tahun 2025 mendatang. Meski belum dipastikan kapan tepatnya akan dirakit, pesawat R80 ini ternyata laris manis.

Buktinya, sudah ada pesanan sebanyak 155 unit, dengan rincian Nam Air memesan 100 unit, Kalstar 25 unit, Trigana Air 20 unit dan Aviastar 10 unit.

Pesawat ini diklaim BJ Habibie menjadi kebanggaan terbarunya. Bahkan, BJ Habibie pernah menyatakan tidak mau wafat sebelum hasil pesawat rancangannya ini mengudara.

Pesawat R80 dilengkapi dengan sistem kendali fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Lalu, pesawat ini juga bisa meminimalisir suara bising yang dihasilkan oleh baling-baling pesawat. Sistem penyesuaian udara juga ditanamkan di sini sehingga tekanan udara di pesawat stabil tidak terpengaruh ketinggian pesawat.

4. Habibie wafat sebelum pesawat R80 terbang ke udara

Partai Golkar Siap Wujudkan Dua Mimpi Besar BJ HabibieANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sayang, sebelum pesawat R80 resmi mengudara, Habibie sudah keburu dipanggil oleh sang Ilahi pada Rabu (11/9) lalu. Ia wafat karena menderita gagal jantung usai dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Habibie menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18:05 dan dikelilingi oleh orang-orang yang ia cintai. 

Proses pemakamannya pun turut dikerumuni publik di Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

Baca Juga: Dikenal Sebagai Sosok Negarawan, Ini Puisi-Puisi Kebangsaan BJ Habibie

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya