PDI Perjuangan Klaim Menang di Empat Pilkada Sumbar

PDIP absen di Pilgub Sumbar

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan mengklaim kemenangan berdasarkan hitung cepat di Pilkada Sumatera Barat. Dari total 13 pilkada tingkat kabupaten/kota, PDIP hanya ikut serta pada 9 wilayah. Sementara di 3 kabupaten kursi PDIP kosong dan di 1 kabupaten tidak bisa mencalonkan.

"Berdasarkan laporan Ketua DPD Partai, Alex Indra Lukman, dari 9 Pilkada itu, PDI Perjuangan menang di 4 pilkada yaitu, Dharmasraya, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Pasaman. Dengan demikian PDI Perjuangan memiliki 1 kader sebagai Bupati dan 3 kader sebagai Wakil Bupati," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, lewat keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

1. PDIP tak masalah pasangan Mulyadi-Ali Mukhni mengembalikan rekomendasi

PDI Perjuangan Klaim Menang di Empat Pilkada SumbarIDN Times/Rehan

Awalnya PDIP memiliki calon untuk pilkada Gubernur Sumatera Barat. Namun, pasangan Mulyadi-Ali Mukhni memilih mengembalikan rekomendasi setelah kekisruhan internal koalisi.

"Kemarin warga Sumbar telah menggunakan hak pilihnya dan hasil hitung cepat ini kita syukuri. Ternyata kita menang di 4 pilkada. Ditinjau dari jumlah kader yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah, progres di Sumbar membanggakan," kata Hasto.

Baca Juga: Kemenangan Gibran di Pilwalkot Solo Jadi Investasi PDIP di 2024

2. Mahyeldi-Audy Joinaldy deklarasi kemenangan

PDI Perjuangan Klaim Menang di Empat Pilkada SumbarIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Pasangan calon Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldy, mengklaim telah memenangkan Pilkada Sumatera Barat 2020.

"Berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional, yaitu Poltracking dan Voxpol Center, menempatkan Mahyeldi-Audy pada posisi pertama dengan perolehan suara 32 persen hingga Rabu pukul 17.30 WIB," kata Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy, Mochlasin dikutip ANTARA.

3. PDIP absen pilgub

PDI Perjuangan Klaim Menang di Empat Pilkada SumbarIlustrasi Pilkada (IDN Times/Kevin Handoko)

Pilgub Sumbar 2020 diikuti empat pasang calon, yaitu pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukni diusung Partai Demokrat dan PAN, pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri diusung Partai Gerindra, pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar diusung PKB, Golkar dan Nasdem dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy diusung PKS dan PPP.

Mahyeldi merupakan Wali Kota Padang 2014-2019 dan terpilih kembali pada periode kedua 2019-2024. Setahun menjabat di periode kedua ia diamanahkan oleh PKS maju sebagai calon Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan.

Baca Juga: Kemenangan Gibran di Pilwalkot Solo Jadi Investasi PDIP di 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya