Comscore Tracker

PDIP Klaim Kemenangan di Pilkada Papua dan Papua Barat

Delapan kader PDIP memenangi suara Papua

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan mengklaim kemenangan di Pilkada Papua dan Papua Barat. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan delapan kadernya berhasil meraih suara terbanyak dalam hitung cepat.

“Papua berhasil memenangi 4 pilkada, dan 4 lagi menang di Papua Barat. Dengan catatan semuanya adalah kader murni PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

1. PDIP memenangi 4 wilayah di Pilkada Papua

PDIP Klaim Kemenangan di Pilkada Papua dan Papua BaratIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua DPP PDIP yang ditugaskan menangani Papua dan Papua Barat, Komaruddin Watubun mengatakan, di Papua, dari 11 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada, ada empat wilayah yang memenangkan kader PDIP sebagai kepala daerahnya.

Yakni di Asmat dengan Elisa Kambu yang juga Ketua DPC Asmat, berpasangan dengan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanfo yang juga Sekretaris DPC Asmat.

Di Nabire yang terpilih sebagai bupati adalah Mesak Magai, yang merupakan Wakil Ketua DPD Papua. Di Keerom, PDIP berhasil menempatkan kadernya, Wahfir Kosasih, sebagai wakil bupati.

Sementara di Mamberamo Raya, kader PDIP DR. (HC). Jhon Tabo juga berhasil meyakinkan rakyat Papua.

"Itu yang 4 sudah pasti menang dan kader kita sendiri. Ada dua wilayah lagi yang masih dihitung," kata Komaruddin.

Baca Juga: Tri Rismaharini Gantikan Juliari Sebagai Mensos? Begini Jawaban PDIP

2. PDIP juga memenangi empat wilayah di Papua Barat

PDIP Klaim Kemenangan di Pilkada Papua dan Papua BaratIlustrasi warga pemilih memasukan surat suara pada kotak surat suara saat simulasi pilkada (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara di Papua Barat, dari sembilan pilkada, kader PDIP berhasil menang di empat wilayah. Yakni di Manokwari dengan menempatkan Hermus Indou. Pergunungan Arfak menempatkan wakil bupati Marinus Mandacan, Sorong Selatan menempatkan Samsudin Anggiluli (Ketua DPC), dan Manokwari Selatan menempatkan Markus Waran (Ketua DPD Papua Barat).

"Sehingga secara total, di Papua dan Papua Barat, ada 8 kader murni partai yang duduk sebagai kepala daerah. Ini semua berkat soliditas kerja keras selama ini dan harapan besar rakyat Papua kepada kader PDI Perjuangan," kata Komaruddin.

3. PDIP berharap ada peningkatan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat

PDIP Klaim Kemenangan di Pilkada Papua dan Papua BaratIDN Times/Rehan

Atas kemenanangan itu, PDIP mengharapkan kadernya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal itu sesuai dengan misi Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang memberikan perhatian ke Papua.

“Dengan prinsip pembangunan dari pinggir, Pak Jokowi membangun berbagai infrastruktur yang di 10 tahun sebelumnya tak pernah bisa dilakukan. Kami menugaskan kader kami yang menjadi kepala daerah untuk serius membangun wilayahnya sejalan dengan program Pemerintahan,” kata Hasto.

Baca Juga: Borong Kemenangan di 5 Pilkada Bali, Ini Kata Sekjen PDIP

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya