Panitia Aksi 212 Batal Undang Jokowi, PDIP: Kampanye Terselubung

Reuni 212 sarat muatan politis?

Jakarta, IDN Times - Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo batal diundang oleh panitia reuni 212. Dalam keterangan tertulisnya, panitia sebut Jokowi anti 212. Menanggapi hal itu, PDI Perjuangan menilai Reuni Akbar Mujahid 212 yang akan berlangsung besok merupakan kampanye terselubung dari salah satu pasangan Pilpres 2019.

1. Hasto sebut aksi 212 sarat muatan politis

Panitia Aksi 212 Batal Undang Jokowi, PDIP: Kampanye TerselubungIDN Times/Irfan Fathurohman

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyebut acara peringatan Aksi 212 tersebut sarat dengan muatan politis. "Itu menjadi kampanye terselubung bagi pasangan calon tertentu," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12).

Baca Juga: Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan Berkarya

2. PDIP tak mau ambil pusing

Panitia Aksi 212 Batal Undang Jokowi, PDIP: Kampanye TerselubungIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski demikian, dia menegaskan bahwa partainya tidak mau ambil pusing dengan itu. Pihaknya lebih memilih untuk membangun Indonesia bersama dengan organisasi-organisasi Islam dan lembaga negara lain.

Mereka-lah yang ikut berperan dalam memerdekakan Republik Indonesia.

"Ya kalau kami bersama dengan mereka-mereka yang ikut membangun Republik ini dengan Muhammadiyah yang dibangun 1912, NU 1926, PNI oleh Bung Karno 1927, TNI-Polri sebagai pilar negara, itu semua kan berbicara berbangsa dan bernegara, sehingga kita ikuti yang seperti itu saja, yang secara natural sudah berkeringat bagi Republik ini," tutur Hasto.

3. Panitia Reuni 212 Batal Undang Jokowi

Panitia Aksi 212 Batal Undang Jokowi, PDIP: Kampanye TerselubungIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Seperti diwartakan sebelumnya, Panitia Reuni Akbar 212 batal undang Calon Presiden petahana Joko ‘Jokowi’ Widodo. Hal itu dilakukan setelah rapat akhir oleh panitia dengan saran para ulama 212 serta arahan Imam Besar Rizieq Syihab.

Dari keterangan tertulis yang IDN Times terima, Panitia batal undang Jokowi karena Jokowi dipandang anti 212. “Batal mengundang Jokowi dan rezimnya karena mereka anti terhadap aksi 212. Tidak mensyukuri anugerah 212 bahkan masih berupaya mengkriminalisasi ulama dan aktivis 212."

4. Jamaah 212 diimbau untuk langsung menuju Monas

Panitia Aksi 212 Batal Undang Jokowi, PDIP: Kampanye TerselubungAksi 212 jilid 1 pada 2 Desember 2016 (Facebook/Presiden Joko Widodo)

Panitia juga imbau kepada jamaah yang hadir disarankan langsung menuju Monas. “Karena semua rangkaian acara reuni akbar mujahid 212 berlangsung di Monas. Adapun kendaraan dipersilakan parkir di area parkir yang sidah disiapkan (IRT Lapangan Banteng Lemhanas, Istiqlal, dll). Dan diharapkan sudah ada di Monas selambat-lambatnya sebelum pukul 05.00 WIB agar tidak terkena pengalihan jalur lalu lintas karena adanya kegiatan Car Free Day di Jalan Sudirman Jalan MH Thamrin.”

Baca Juga: Pengamat Intelijen: Peserta Reuni 212 Mayoritas Massa PKS dan Eks HTI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya