Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dibuka 2 Juni

Tes dimulai pada 5 Juli

Jakarta, IDN Times - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 kembali diundur, karena pandemik virus corona atau COVID-19. Hal ini disiarkan lewat surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor 11/SE.LTMPT/2020, yang terbit pada Senin (6/4).

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengumumkan jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 juga berubah. Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020.

1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dibuka 2 Juni 2020

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dibuka 2 JuniIlustrasi (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada 2-20 Juni 2020. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan atau dalam satu kali proses.

Saat melakukan pendaftaran, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK sekaligus PTN, serta program studi tujuan.

Baca Juga: Penting! Ini Jadwal Lengkap SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020

2. Tes dimulai pada 5 Juli

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dibuka 2 JuniIlustrasi (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020. Nasih mengatakan tes UTBK 2020 akan dilaksanakan dalam empat sesi pada setiap hari. Selain itu, setiap peserta hanya boleh mengambil maksimal satu kali tes saja.

Sementara materi yang akan diujikan dalam UTBK 2020 ialah Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Sementara kemampuan yang diuji dalam TPS di antaranya penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan, pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.

3. UTBK sempat diumumkan ditunda pada 23 Maret

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dibuka 2 JuniIlustrasi Ujian Naisonal (UN). Dok. IDN Times

Sebelumnya, LTMPT memutuskan menunda pelaksanaan UTBK karena ada pandemi COVID-19. Penundaan ini diumumkan pada 23 Maret lalu.

Namun, saat itu belum ada informasi tentang jadwal baru. Dengan pengumuman jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 terbaru pada hari ini, maka jadwal lama tidak berlaku lagi.

Baca Juga: UTBK Resmi Diundur, Lakukan 7 Kegiatan Ini untuk Isi Waktu Luang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya