Pengacara Bharada E Siap Kulik Sarung Tangan Ferdy Sambo di Sidang

Ricky Rizal dan Kuat mengubah BAP terkait sarung tangan

Jakarta, IDN Times - Pengacara Richard Eliezer alias Bharada E, Ronny Talapessy, mengaku akan mengulik terkait sarung tangan yang dipakai Ferdy Sambo, saat pembunuhan Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Ronny menjelaskan, dalam sidang kali ini ia akan fokus dalam keterangan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf, yang diduga mengubah berita acara pemeriksaan (BAP) terkait sarung tangan Sambo.

“Pemeriksaan hari ini kami akan memfokuskan tetkait dengan keterangan dari Kuat Maruf dan Ricky Rizal Kami mencatat bahwa ada beberapa perubahan. Jadi, saya kasih sedikit informasinya catatan kami adalah terkait sarung tangan,” ujar Ronny di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

Pada BAP awal, kata Ronny, keduanya mengaku melihat Sambo mengenakan sarung tangan saat pembunuhan Brigadir J. “Tetapi pada BAP berikutnya mereka mengubah keterangan tersebut. Itu menjadi salah satu poin titik kita,” kata dia.

Perubahan dalam BAP Ricky dan Kuat, kata Ronny, menyudutkan Bharada E. Oleh karena itu, ia akan menegaskan soal hal tersebut dalam sidang hari ini.

“Titik krusial penting adalah mereka melihat sarung tangan, kenapa mereka mengubah bersama-sama Mereka menyudutkan Richard Eliezer di BAP mereka,” ujar Ronny.

Sementara itu, pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis memastikan kliennya tidak memakai sarung tangan selama peristiwa pembunuhan Brigadir J. Hal tersebut ia buktikan dalam dua rekaman video CCTV di rumah Saguling dan kompleks Duren Tiga.

“Sesuai hasil pada saat pemeriksaan di penyidikan itu diputarkan dan tadi sudah kita lihat sama-sama pak Ferdy Sambo, klien kami turun dari mobil itu dan berjalan keliatan dengan jelas tidak memakai sarung tangan,” kata Arman setelah menjalani persidangan di PN Jaksel, Selasa (28/11/2022).

Karena itu, Arman akan meminta majelis hakim kembali menghadirkan ajudan Sambo saat itu, Adzan Romer yang pernah memberikan kesaksian menyaksikan Sambo bersarung tangan.

“Karena kan kesaksian saksi Romer kemarin, menyampaikan bahwa pada saat turun dari mobil dan mengambil senjata melihat klien kami memakai sarung tangan sehingga itu menjadi fakta di persidangan,” kata Arman.

Ia menegaskan kesaksian Romer keliru dan dapat merugikan kliennya yang diduga melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

“Artinya kita mau menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh saksi Romer itu tidak benar,” pungkas Arman.

Baca Juga: Bharada E Lihat Sambo Pakai Sarung Tangan Hitam Sebelum Bunuh Yosua 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya