Perintah Ferdy Sambo soal CCTV: Pastikan Semuanya Musnah!

Ferdy Sambo perintahkan Arif Rachman musnahkan CCTV

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakaden B Biro Pengamanan Internal (Paminal), Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Arif Rachman Arifin mengaku diminta menghapus isi rekaman CCTV oleh mantan Kepala Divisi (Kadiv) Propam Ferdy Sambo.

Hal itu diungkapkan Arif saat dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J untuk terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal.

Perintah menghapus itu dilakukan Sambo ketika Arif menceritakan isi rekaman CCTV yang memperlihatkan Brigadir J masih hidup ketika Kadiv Propam itu tiba di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga.

Padahal, dalam rilis yang disampaikan oleh Polres Metro Jakarta Selatan kepada media disebutkan bahwa Sambo tiba di rumah dinasnya setelah peristiwa tembak menembak yang menewaskan Yosua.

"Bagaimana perintahnya?" tanya Hakim Ketua Majelis Wahyu Iman Santoso dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (28/11/2022).

"Kamu musnahkan itu!" jawab Arif menirukan perkataan Sambo.

Menurut Arif, Sambo kemudian menyakan kepada siapa saja yang sudah menonton CCTV yang diperoleh dari Kompleks Petinggi Polri itu.

Arif lantas mengaku bahwa ia menonton bersama Chuck Putranto, Baiquni Wibowo dan Kasatreskrim Polres Metro Jaksel Ridwan Soplanit.

Mendengar hal tersebut, Ferdy kemudian mengancam Arif apabila isi CCTV bocor maka empat orang yang telah menonton harus bertanggung jawab.

"Saya diam, saja karena beliau mukanya seperti sudah memerah marah gitu," jelas Arif.

Usai membuat perintah pemusnahan barang bukti secara lisan, Ferdy Sambo disebut terdiam dan menengok ke belakang tempat kerjanya.

Di sana terlihat ada foto keluarga yang membuat mantan Kadiv Propam itu mulai menangis.

Menurut Arif, sambil menangis Sambo mulai menyebutkan penyesalannya sebagai seorang perwira tinggi kepolisian bintang dua yang tidak bisa menjaga kehormatan istrinya.

"Kamu tahu enggak, ini sudah menyangkut kehormatan saya. Percuma saya bintang dua tapi tidak bisa menjaga istri saya!," kata Arif menirukan pernyataan Sambo.

Setelah melihat Sambo menangis, Eks Karopaminal Hendra Kurniawan yang menemaninya menghadap Sambo kemudian mengajak Arif keluar dari ruangan tersebut.

"Pas kami berdiri, pak Ferdy kemudian ngomong 'kamu pastikan itu nanti semuanya sudah musnah'," kata Arif menirukan perintah Sambo.

Baca Juga: Ferdy Sambo Tegur Arif Rachman saat Cek CCTV Rumah Dinas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya