Pertemuan Kedua antara Jokowi dan Prabowo akan Dihadiri oleh Megawati 

Gerindra akan lobi kursi Ketua MPR?

Jakarta, IDN Times - Pertemuan Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto rencananya akan digelar untuk kali kedua sejak pertemuan yang berlangsung di Stasiun MRT Lebak Bulus akhir pekan lalu. Pertemuan itu bakal mengajak Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Pertemuan Prabowo dan Joko Widodo sedang disiapkan. Nanti kalau sudah siap, baru kita kasih tahu. Pertemuan itu melibatkan Ibu Mega nantinya,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7).

1. Pertemuan ketiganya akan membahas opsi gabung ke kabinet

Pertemuan Kedua antara Jokowi dan Prabowo akan Dihadiri oleh Megawati Istimewa

Arief mengatakan, pertemuan tiga tokoh bangsa itu akan membicarakan mengenai kebangsaan, termasuk juga dengan pembicaraan mengenai opsi-opsi bergabung ke kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Salah satunya itu (membahas soal kursi kabinet), dan yang lainnya nanti akan dibahas antara Prabowo-Jokowi dan Ibu Mega rencananya,” katanya.

Baca Juga: Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi Dulu

2. Arief beri sinyal Gerindra akan merapat ke kabinet Jokowi

Pertemuan Kedua antara Jokowi dan Prabowo akan Dihadiri oleh Megawati IDN Times/Axel Jo Harianja

Menurut Arief, tawaran supaya Gerindra merapat ke koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin adalah suatu yang baik. Hal itu merupakan penghargaan yang besar dari Presiden Jokowi.

“Ya kita oke saja,” singkatnya.

3. Andre Rosiade juga memastikan adanya pertemuan kedua

Pertemuan Kedua antara Jokowi dan Prabowo akan Dihadiri oleh Megawati IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, ‎anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade, menyebut akan ada lagi pertemuan lanjutan antara Jokowi dan Prabowo Subianto. Hanya saja Andre belum bisa memastikan. Di pertemuan nanti, Prabowo Subianto akan menyampaikan program-program dan memberikan masukan kepada Jokowi ‎dalam mengelola pemerintahan.

“Pertemuan pertama menyepakati akan adanya pertemuan lanjutan. Pertemuan lanjutan kita akan sampaikan program Indonesia maju, Indonesia bangkit, untuk menuju adil dan makmur,” ujar Andre di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7).

4. Gerindra lobi kursi Ketua MPR?

Pertemuan Kedua antara Jokowi dan Prabowo akan Dihadiri oleh Megawati ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selaras dengan Arief Puyuono, Ketua DPP Partai Gerindra, Sodik Mujahid, juga telah melontarkan kesiapan Partai Gerindra merapat ke koalisi Jokowi-Ma’ruf. Sodik juga mengusulkan, rekonsiliasi itu dibarengi dengan pembagian jabatan strategis secara proporsional.

Karena itu, Sodik menilai tidak ada yang keliru dari pertemuan Prabowo-Jokowi dengan membahas hal-hal yang strategis.
Mewujudkan rekonsiliasi, sambungnya, bisa digambarkan dengan berbagi jabatan strategis secara proporsional.

Sodik bahkan mengusulkan, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka harus ada pembagian jabatan politik yang berkaitan langsung dengan jalur pemerintahan.

“Indahnya NKRI. Ketua MPR dari Gerindra, Ketua DPR RI dari PDIP, Presiden Joko Widodo,” kata Sodik, Jumat (19/7).

Baca Juga: Proses Rekonsiliasi, Gerindra Incar Kursi Ketua MPR RI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya