Comscore Tracker

Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

14 penumpang dan 12 kru selamat

Jakarta, IDN Times - Pesawat Garuda Indonesia tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/7) malam waktu setempat.

“14 orang penumpang, 12 kru semuanya selamat,” kata Kepala Kantor Otorita Bandara Wilayah V Makassar, Baitul Ikhwan saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (1/7).

1. Pihak bandara melakukan investigasi

Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Sultan Hasanuddin MakassarPesawat Garuda Indonesia mengalami insiden di Bandara Sulhas Makassar. IDN Times/Istimewa

Ikhwan menjelaskan, pesawat GA613 rute Makassar (UPG) - Jakarta (CGK) yang mengalami insiden bertipe Airbus 330-300 dengan nomor registrasi PK-GHD itu keluar landasan saat hendak lepas landas pada pukul 18.55 WIT.

“Posisi pesawat baik, cuaca baik, runway posisi kering, kita akan melakukan investigasi kenapa itu terjadi,” kata Ikhwan.

Baca Juga: Dirut Garuda: Kami Kehilangan Penumpang 90 Persen Imbas COVID-19 

2. Insiden ini tak mengganggu penerbangan berikutnya

Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Sultan Hasanuddin MakassarIlustrasi Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia IDN Times/Yogie Fadila

Sementara itu, Vice President Corporate Secretary Handy Heryudhitiawan mengatakan akibat insiden ini tidak berdampak pada operasional beberapa penerbangan berikutnya karena proses lepas landas dan mendarat dapat dialihkan ke runway 13-31.

“Penerbangan berikutnya pun tidak mengalami keterlambatan. Sebagai informasi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar memiliki 2 runway. Ada pun penerbangan selanjutnya yang menggunakan runway 13-31 yaitu penerbangan Sriwijaya Air SJ562,” ujar Handy lewat keterangan tertulisnya.

3. Tak ada kerusakan pada pesawat

Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Sultan Hasanuddin MakassarIlustrasi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Handy juga menjelaskan, pesawat saat ini tidak mengalami kerusakan berarti. Seluruh penumpang dan kru pesawat tersebut sudah dievakuasi ke terminal.

“Hingga pukul 21.00 WITA, pesawat masih berada di runway 21 dan tengah diupayakan untuk dipindahkan oleh mobil pendorong,” ujarnya.

Baca Juga: Muat 14 Penumpang, Pesawat Garuda Keluar Landasan Bandara di Makassar

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya