Pesinetron Jeff Smith Ditahan Meski Belum Jadi Tersangka 

Polisi masih mendalami asal-usul narkoba yang dipakai Jeff

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akhirnya menahan pesinetron Jeff Smith, meski belum ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Berdasarkan pemeriksaan, Jeff Smith terbukti menggunakan Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penahanan bintang sinetron ‘Putri Untuk Pangeran’ itu dalam rangka penyidikan ke arah penetapan statusnya sebagai tersangka.

“Jeff Smith kan 3×24 jam ya, (tersangka) penetapannya belum. Tetapi yang bersangkutan sudah diamankan dan ditahan ya, kan kewenangan daripada penyidik itu bisa melakukan penahanan sebelum melakukan penetapan tersangka,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Jeff Smith Beli 50 Narkoba LSD Lewat Online, Rp500 Ribu per Lembar

1. Penyidik dalami asal-usul LSD, narkoba yang dipakai Jeff Smith

Pesinetron Jeff Smith Ditahan Meski Belum Jadi Tersangka Ilustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Zulpan menjelaskan, penyidik Direktorat Narkoba juga saat ini sedang melakukan pengembangan soal LSD yang diperoleh Jeff. Sebab, narkoba jenis baru ini sudah lama tidak masuk ke Indonesia.

“Memang dulu di tahun 80-an ini pernah ada, tapi menghilang setelah 40 tahun sekarang ada masuk di Indonesia khususnya Jakarta. Nah, tentunya ini menjadi perhatian kita ya dalam rangka menangkal peredaran narkotika jenis baru tersebut, sehingga penyidik tidak berhenti dalam rangka penanganan si saudara JS,” ujar Zulpan.

2. Jeff membeli 50 LSD secara online dengan harga Rp500 ribu per lembar

Pesinetron Jeff Smith Ditahan Meski Belum Jadi Tersangka Instagram.com/mr.jeffsmith

Jeff Smith diketahui membeli 50 LSD secara online dari seseorang dengan harga Rp500 ribu per lembar. Saat ditangkap di rumahnya yang terletak di Depok, Jawa Barat pada Rabu (8/12/2021) pukul 18.30 WIB, Jeff kedapatan telah menghabiskan 48 lembar LSD dan hanya tersisa 2 lembar.

Berdasarkan pengakuan Jeff, dia bisa memakai empat lembar LSD per hari. Ia berdalih, dengan mengonsumsi narkotika golongan I ini dapat meningkatkan fokus dan menghilangkan rasa lelah.

“Alasannya ya karena sebagai artis sinerton agar tidak capek, kemudian agar fokus dalam pekerjaannya. Ya seperti itu alasannya. Padahal kalau kita tahu ini halusinasi yang ditimbulkan,” ujar Zulpan.

Zulpan menjelaskan, dalam penangkapan kemarin, penyidik Direktorat Narkotika Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 2 LSD. Jumlah tersebut lebih sedikit dari yang dipesan Jeff.

“LSD yang diamankan itu ada 2 tapi LSD yang sudah digunakan dipesan oleh yang bersangkutan ada 50 kemudian dihabiskan, pada saat diamankan menggunakan dan tersisa 2 LSD,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Jeff Smith Ditangkap Seorang Diri Saat Menggunakan Narkoba LSD

3. Jeff Smith menggunakan LSD seorang diri

Pesinetron Jeff Smith Ditahan Meski Belum Jadi Tersangka Instagram.com/mr.jeffsmith

Zulpan mengatakan, LSD ini merupakan narkotika yang tergolong jenis baru. Adapun cara pemakaiannya yaitu dengan ditempelkan di lidah dan kemudian akan menimbulkan halusinasi sama dengan penggunaan narkotika lainnya.

“Tentu ini adalah narkotika yang sangat berbahaya, dimasukkan kategori narkotika golongan 1,” ujar Zulpan.

Zulpan menyebut, saat penangkapan Jeff Smith hanya seorang diri. Ia pun langsung dibawa oleh penyidik ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa lebih lanjut.

“Yang bersangkutan ditangkap di rumahnya pada saat itu menggunakan sendiri, artinya tidak ada teman lain yang menggunakan, kemudian saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terkait jaringan pemasok dan sebagainya,” ujar Zulpan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya