Comscore Tracker

Petahana di Pilkada Bangka Tengah Meninggal, 7 Parpol Cari Pengganti

Calon Bupati Bangka Tengah meninggal karena COVID-19

Jakarta, IDN Times - Calon Bupati Bangka Tengah yang merupakan petahana, Ibnu Saleh, meninggal karena COVID-19. Tujuh partai politik koalisi segera mencari penggantinya untuk Pilkada Bangka Tengah 2020. 

"Kami dari tujuh partai politik koalisi akan segera mencari pengganti salah satu calon yang berhalangan tetap," kata Ketua Tim Pemenangan Algafry Rahman dikutip ANTARA, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga: Anak Yusril Ihza Mahendra Maju Pilkada Belitung Timur

1. Tujuh parpol telah mengusulkan nama calon

Petahana di Pilkada Bangka Tengah Meninggal, 7 Parpol Cari PenggantiSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Algafry mengatakan, tujuh partai politik pengusung yaitu Nasional Demokrat (NasDem), Golongan Karya (Golkar), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB) sudah duduk bersama membahas siapa yang akan menggantikan Ibnu Saleh sebagai calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2020.

“Sejumlah nama pengganti almarhum Ibnu Saleh mengacu kepada rekomendasi dari DPP masing-masing partai politik pengusung, tentu saja penetapannya nanti berdasarkan hasil musyawarah bersama," ujar dia.

2. KPU memberikan waktu seminggu untuk pergantian calon

Petahana di Pilkada Bangka Tengah Meninggal, 7 Parpol Cari PenggantiIlustrasi pekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS. IDN Times/Prayugo Utomo

Sementara, KPU Bangka Tengah memberikan partai koalisi waktu selama tujuh hari, untuk mencari pengganti sesuai dengan undang-undang.

"Di dalam PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) pasangan calon atau satu dari calon yang berhalangan tetap, maka partai politik pengusung berhak mencarikan penggantinya," ujar Algafry.

3. Ibnu Saleh meninggal dunia karena COVID-19

Petahana di Pilkada Bangka Tengah Meninggal, 7 Parpol Cari PenggantiIlustrasi tes usap atau PCR swab test. IDN Times/Arief Rahman

Ibnu Saleh merupakan petahana yang kembali maju dalam Pilkada 2020. Dia mengalami sakit pada 27 September 2020 dan setelah dilakukan uji swab, dia dinyatakan positif virus corona.

Kondisinya sudah sempat membaik, namun pada Sabtu (3/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB, kesehatannya kembali menurun dan semakin memburuk, hingga mengembuskan napas terakhir.

Baca Juga: Positif COVID-19, Bupati Bangka Tengah Meninggal Dunia Hari Ini

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya