Pidato Refleksi Akhir Tahun, SBY Akan Angkat 10 Isu Nasional

SBY akan sampaikan rekomendasi ke Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan pidato politik refleksi akhir tahun 2019, terkait isu-isu kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (11/12) malam.

“Seperti tahun-tahun lalu, Demokrat akan menyampaikan potret apa yang terjadi di masyarakat, lalu apa tantangannya ke depan dan apa yang harus dilakukan Indonesia,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto di kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Rabu (11/12).

Baca Juga: Kerinduan dan Rasa Cinta SBY 6 Bulan Setelah Kepergian Ani Yudhoyono

1. SBY akan menyampaikan rekomendasi untuk pemerintah

Pidato Refleksi Akhir Tahun, SBY Akan Angkat 10 Isu NasionalANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

SBY juga akan menyampaikan rekomendasi untuk pemerintah terkait situasi ekonomi, politik, penegakan hukum, dan demokrasi, serta dinamisasi sosial kemasyarakatan.

“Hasil potret itu yang akan kami rekomendasikan kepada pemerintah untuk menghadapi tantangan ke depan. Tentu kita ingin di 2020 Indonesia lebih baik,” ucap dia.

2. SBY akan menyikapi kebijakan pemerintah selama setahun ini

Pidato Refleksi Akhir Tahun, SBY Akan Angkat 10 Isu NasionalKetua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, Didik mengatakan, SBY juga akan menunjukkan sikap Demokrat terhadap kebijakan pemerintah selama setahun ini. Namun, ia memastikan, Demokrat tidak akan bermanuver dengan menantang pemerintah.

“Kita tidak ingin melakukan manuver sikap yang tidak berorientasi kepada fakta dan kepentingan rakyat,” ujar dia.

3. SBY akan pidato 10 isu nasional yang menjadi perhatian masyarakat

Pidato Refleksi Akhir Tahun, SBY Akan Angkat 10 Isu NasionalJajaran elite Partai Demokrat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menurut Didik, Demokrat akan mendukung kebijakan pemerintah yang pro terhadap rakyat dan akan mengkritisi kebijakan yang tidak pro-rakyat.

"SBY sebagai ketua umum DPP Partai Demokrat akan menyampaikan pidato refleksi akhir tahun, dan akan berbicara 10 isu nasional yang menjadi perhatian masyarakat,” kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: SBY Kenang Awal Pertemuan dengan Ani Yudhoyono 46 Tahun Lalu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya