Comscore Tracker

Pimpinan KPK Akan Penuhi Undangan Komnas HAM Terkait TWK Kamis

Pimpinan KPK seharusnya memenuhi panggilan hari ini

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait penjelasan tes wawasan kebangsaan (TWK) yang diadukan oleh sejumlah pegawai KPK pada Kamis (17/6/2021).

“Sudah ada komitmen yang baik pada Pimpinan KPK, akan datang pemeriksaan Komnas HAM pada hari Kamis besok, jadi kolega kami dari KPK akan datang,” kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam dalam konferensi pers yang dikutip dari YouTube Humas Komnas HAM, Selasa (15/6/2021).

1. KPK seharusnya memenuhi panggilan Komnas HAM hari ini

Pimpinan KPK Akan Penuhi Undangan Komnas HAM Terkait TWK KamisPegawai KPK berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK pada jam pulang kerja di Jakarta, Kamis (27/5/2021). Dalam hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN, 75 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dimana 51 yang memiliki nilai merah diberhentikan dan 24 lainnya dibina kembali wawasan kebangsaan dan bela negaranya (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Anam menjelaskan, KPK sebenarnya dijadwalkan hadir pada hari ini Selasa (15/6/2021). Namun, pada Senin sore (14/6/2021) KPK mengirimkan surat atas respons pemanggilan kedua serta mengutus Biro Hukum.

“Biro Hukum dateng ke Komnas HAM untuk mengatur tata cara, apa saja, bagaimana, dan penjadwalan terkait pengambilan keterangan tersebut yang menemui tim termasuk saya di dalamnya,” ujar Anam.

Baca Juga: Komnas HAM Beri Firli Cs Kesempatan Terakhir Klarifikasi Polemik TWK

2. Komnas HAM berharap mendapatkan penjelasan yang komprehensif dari Pimpinan KPK

Pimpinan KPK Akan Penuhi Undangan Komnas HAM Terkait TWK KamisLima Pimpinan KPK (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pada pertemuan dengan Biro Hukum KPK, Komnas HAM telah menyampaikan apa saja yang dibutuhkan pada proses pendalaman dan klarifikasi KPK.

“Semoga pertemuan hari Kamus tersebut, pengambilan keterangan benar-benar terjadi, dan ini kami di Komnas HAM mendapat informasi dan klarifikasi yang banyak, mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif,” kata Anam.

3. Komnas HAM akan memanggil para ahli

Pimpinan KPK Akan Penuhi Undangan Komnas HAM Terkait TWK KamisIlustrasi gedung KPK (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Komnas HAM tidak hanya memanggil Pimpinan KPK pada pekan ini. Komnas HAM juga telah menjadwalkan pemeriksaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan TWK KPK.

“Oleh karenanya kami berharap instansi yang memiliki jadwal hari besok Rabu dan Kamis, itu berharap sesuai dengan jadwal dan datang, sehingga minggu berikutnya kami sudah bisa memulaui memanggil para ahli,” ujar Anam.

Ia menerangkan, Komnas HAM akan melibatkan setidaknya tiga ahli dengan latar belakang yang berbeda untuk memberi masukan terkait penyelenggaraan TWK.

"Ahli kami mintai bagaimana pendapatnya terkait dengan ini semua. Kami sudah menimbang ada tiga background ahli yang kami libatkan dalam tes TWK ini," kata Anam.

Baca Juga: Pimpinan KPK Belum Putuskan Penuhi Panggilan Komnas HAM Terkait TWK

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya