Comscore Tracker

PKS: Jenazah Hilmi Aminuddin Akan Dimakamkan di Lembang Bandung

Hilmi meninggal di RS Santosa Kota Bandung pada Selasa

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang Humas Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) Ahmad Mabruri mengatakan, jenazah pendiri PKS yang juga mantan Ketua Majelis Syuro KH Hilmi Aminuddin akan dimakamkan di Lembang Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/6).

“Tapi masih ada nego dengan pihak RS karena situasi seperti ini prosedur COVID-19 harus dijalankan, kita menunggu hasil nego pihak keluarga di Lembang,” ujar Mabruri saat dihubungi, Selasa.

Baca Juga: [BREAKING] Pendiri PKS KH Hilmi Aminuddin Meninggal karena COVID-19

1. Kesehatan Hilmi beberapa hari terakhir menurun karena sudah lama sakit

PKS: Jenazah Hilmi Aminuddin Akan Dimakamkan di Lembang BandungFoto ilustrasi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Mabruri menjelaskan, kesehatan almarhum Hilmi beberapa waktu terakhir mengalami penurunan karena telah lama sakit faktor usia.

“Ustaz Hilmi sudah beberapa lama sakit, udah sepuh, terakhir saya sebulan lalu ke sana juga mau silaturahmi ada sedikit wawancara, tapi beliau kurang sehat lalu dibatalkan. Memang kesehatan menurun sudah beberapa hari,” ujar dia.

2. Hilmi sosok guru bagi petinggi PKS

PKS: Jenazah Hilmi Aminuddin Akan Dimakamkan di Lembang BandungPresiden PKS Sohibul Iman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Mengenai sosok Hilmi di PKS, Mabruri mengatakan, almarhum adalah seorang ustaz, ayah, dan pendidik murobi yang meletakkan dasar keislaman di PKS.

“Beliau pendiri PKS, guru para pimpinan PKS yang sekarang, jadi kita merasa kehilangan sekali jasa-jasa beliau dalam berdakwah dan membesarkan partai di Indonesia,” ujarnya.

3. Hilmi meninggal diduga karena terpapar COVID-19

PKS: Jenazah Hilmi Aminuddin Akan Dimakamkan di Lembang BandungIlustrasi ambulans COVID-19 (IDN Times/Candra Irawan)

Sebelumnya, Hilmi Aminuddin dikabarkan meninggal akibat terpapar virus corona. Tokoh PKS tersebut meninggal di Rumah Sakit Santosa Kota Bandung pada Selasa (30/6) pukul 14.24 WIB. 

Anggota DPRD Jabar dari PKS, Abdul Hadi Wijaya mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, KH Hilmi Aminuddin meninggal diduga akibat terpapar COVID-19.

"Kami dapat kalau beritanya terpapar COVID-19 dan proses pemakamannya sendiri sekarang sedang diurus, karena harus dengan prosedur kesehatan," ujar Abdul Hadi saat dihubungi.

Baca Juga: Aher Sebut Sosok Hilmi Aminudin Salah Satu Putra Terbaik di PKS

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya