Comscore Tracker

PKS: Menkes Baru Punya PR Berat Penanganan COVID-19

PKS berharap ada perubahan mitigasi pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah mengumumkan enam nama menteri barunya. Salah satunya Menteri Kesehatan yang semula ditempati Terawan Agus Putranto digantikan Budi Gunadi Sadikin.

Menanggapi menteri baru Menkes, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai menteri yang baru akan memiliki pekerjaan rumah (PR) yang cukup berat.

“PR berat menanti Menkes baru. Semoga saja bisa tertangani lebik baik penanganan pandemik dan reformasi sistem kesehatan masyarakat selama dan pasca-pandemik,” kata Ketua DPP PKS Kurniasih Mufidayati kepada IDN Times, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga: Budi Gunadi Jadi Menkes, Epidemiolog: Tak Harus Seorang Dokter

1. Menkes baru diharapkan bisa menjalankan perubahan mitigasi pandemik

PKS: Menkes Baru Punya PR Berat Penanganan COVID-19IDN Times/Hana Adi Perdana

Namun demikian, menurut Kurniasih, PKS berharap Budi Gunadi mampu beradaptasi dan langsung menyelaraskan dengan program kerja yang sudah disusun Terawan.

“Dan kita berharap semua yang sudah dibahas oleh Menkes sebelumnya dengan Komisi IX, dijalankan, khususnya perbaikan mitigasi pandemik COVID-19 dan urusan vaksinasi yang menjadi PR besar,” ujar Anggota Komisi IX itu.

2. PKS berharap pemerintah fokus penanganan kesehatan

PKS: Menkes Baru Punya PR Berat Penanganan COVID-19IDN Times/Irfan fathurohman

Senada dengan Kurniasih, Wakil Sekretaris Jenderal PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan, ada kemungkinan ditunjuknya Budi Gunadi oleh Presiden Jokowi untuk perbaikan sistem dan manajemen penanganan pandemik.

Karena selama ini, kata dia, Kementerian Kesehatan menjadi salah satu kementerian yang serapan anggarannya paling rendah. Apalagi, Budi Gunadi sebelumnya juga ditunjuk sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Tetapi selain itu, mudah-mudahan hadirnya Budi Gunadi bukan malah membuat pemerintah malah lebih cenderung menangani aspek ekonomi, dan mengabaikan penanganan dari aspek kesehatan, walaupun keduanya bukan sesuatu yang perlu dibenturkan,” kata Fathul kepada IDN Times.

3. Terawan dicopot dari Kabinet Indonesia Maju

PKS: Menkes Baru Punya PR Berat Penanganan COVID-19Menteri Kesehatan, Terawan (Youtube.com/rspi sulianti saroso video)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari kursi Menteri Kesehatan. Sore ini, ia mengumumkan Budi Gunadi Sadikin akan menjabat sebagai Menteri Kesehatan yang baru.

"Ketiga, Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya jadi Dirut Mandiri dan jadi Wamen BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," ujar Jokowi di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Jokowi mengatakan pelantikan enam menteri barunya itu akan dilakukan pada Rabu (23/12/2020) pagi. "Pelantikan akan dilakukan besok," kata dia.

Adapun nama-nama enam menteri baru Jokowi yaitu:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yahya Cholil sebagai Menteri Agama
5. Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M. Lutfhi sebagai Menteri Perdagangan.

Baca Juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Pengganti Terawan

Topic:

  • Rochmanudin
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya