Polda Lampung: Oknum Prajurit TNI AU Tertembak Senjatanya Sendiri

Prajurit TNI AU sempat beralibi diserang OTK

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, memastikan ada unsur kelalaian dalam insiden tertembaknya oknum prajurit TNI AU dan istri. Ia memastikan tak ada pihak yang menyerang prajurit tersebut.

“Jadi murni, penembakan itu tidak ada. Ini adalah akibat kecelakaan yang dialami oleh dirinya, tetapi dibahasakan kecelakaan,” kata Zahwani saat dihubungi, Jumat (11/6/2021).

1. Polisi sebut prajurit TNI AU sempat beralibi diserang OTK

Polda Lampung: Oknum Prajurit TNI AU Tertembak Senjatanya SendiriIDN Times/Arief Rahmat

Zahwani menjelaskan, setelah kejadian tersebut, prajurit TNI AU itu sempat mengalami rasa takut dan mengaku diserang orang tak dikenal (OTK). Namun, berdasarkan pemeriksaan, prajurit TNI AU tersebut hanya beralibi atas kelalaiannya.

“Karena dia merasa ketakutan pada saat itu. Dia kan lalai, dia menggunakan senjata tapi kelalaian pelurunya meletus kan begitu. Kena diri dia, kena orang di sebelah dia atau istri dia,” ujarnya.

Baca Juga: Danlanud Sebut Tertembaknya Prajurit TNI AU karena Kecelakaan Senjata

2. Danlanud masih mendalami unsur kelalaian prajurit TNI AU

Polda Lampung: Oknum Prajurit TNI AU Tertembak Senjatanya SendiriIlustrasi pasukan TNI (Dokumentasi TNI)

Sementara itu, Komandan Lanud Pangeran M Bun Yamin, Letkol Nav Yohanas Ridwan, mengatakan saat ini Satuan Polisi Militer Lanud Bun Yamin bersama Polresta Bandar Lampung dan Polda Lampung terus mendalami kecelakaan penggunaan senjata api tersebut.

“Satpomau bersama pihak kepolisian, saat ini terus mendalami kejadian kecelakaan tersebut, prosesnya masih berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ujar Letkol Ridwan lewat keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Lebih lanjut, Danlanud mengatakan, apabila terdapat pelanggaran dalam peristiwa tersebut, maka oknum bersangkutan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan TNI.

“Apabila terdapat pelanggaran pada kejadian kecelakaan tersebut, pasti akan diproses dan ditindak sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku,” tegas Danlanud.

3. Informasi semula personel TNI AU dan istri ditembak OTK

Polda Lampung: Oknum Prajurit TNI AU Tertembak Senjatanya Sendiriilustrasi TNI ( ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Sebelumnya, sepasang suami istri dikabarkan menjadi korban penembakan orang tidak dikenal saat melintas di sekitar wilayah Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung, Selasa (8/6/2021).

Berdasarkan informasi dihimpun IDN Times, korban merupakan anggota TNI AU bernama Pratu Nur Rohman (26) dan sang istri, Riska Astuti (25). Kabar itu, turut dibenarkan Kapolsek Kedaton Kompol Ery Harfy saat dikonfirmasi.

"Memang benar, tadi anggota saya juga sudah cek. Informasinya TNI tapi gak tahu satuan mana," ujar Ery.

4. Keduanya dirawat di Rumah Sakit Advent

Polda Lampung: Oknum Prajurit TNI AU Tertembak Senjatanya SendiriRS Advent tempat dirawatnya korban (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Akibat kejadian tersebut, Pratu Nur Rohman dikabarkan terkena luka tembak di bagian telapak tangan kiri. Sementara, sang istri tertembus peluru pada bagian paha.

Ery menyebut, kedua korban sudah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Advent guna mendapatkan perawatan media.

"Sebenarnya wilayahnya (TKP) Sukarame, tapi anggota saya yang cek. Korban dibawa ke RS Advent ke wilayah saya dan juga sudah saya cek," kata dia.

Baca Juga: Personel TNI AU dan Istri Ditembak Orang Tak Dikenal di Bandar Lampung

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya