Polda Metro Resmi Gelar Balap Motor di Ancol pada 15 Januari 2022

Street race digelar untuk memfasilitasi balap liar

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akhirnya resmi memfasilitasi balap liar dengan tujuan menyelamatkan jiwa dan menyalurkan bakat anak muda. Balap bertema ‘Street Race’ ini akan digelar pada 15 Januari 2022.

Keputusan ini disampaikan setelah Polda Metro mengadakan forum group diskusi (FGD) bersama Ikatan Motor Indonesia dan PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/12/2021).

“Akhirnya kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung para anak-anak muda kita menyalurkan hobi balapnya dan akan dimulai per 15 Januari 2021,” ujar Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), di Polda Metro.

1. Road race dan drag race akan membuka balap perdana

Polda Metro Resmi Gelar Balap Motor di Ancol pada 15 Januari 2022Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dengan diselenggarakan Street Race ini, Bamsoet mengapresiasi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. Menurutnya, bakat anak muda harus dibina agar tidak mengganggu ketertiban masyarakat.

Oleh karena itu, ajang balap motor ini menurutnya harus segera direalisasikan.

“Alhamdulillah, Pak Kapolda sepakat pada 15 Januari kita akan mulai untuk kegiatan pertama, road race maupun drag race bagi anak-anak kita,” ujar Bamsoet.

Baca Juga: Cegah Balap Liar, Polda Metro Gelar Street Race Januari 2022

2. Ancol kebut persiapan balap perdana

Polda Metro Resmi Gelar Balap Motor di Ancol pada 15 Januari 2022Petugas memberikan imbauan kepada warga yang akan berwisata untuk kembali pulang di depan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pengelola Ancol Taman Impian menutup seluruh area rekreasi dan wisata Pantai Ancol selama satu hari pada Sabtu (15/5) untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan evaluasi penguatan protokol kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali mengapresiasi rencana Kapolda Metro Jaya. Ia menyebut Ancol bersama IMI siap mendukung gelaran Street Race ini.

“Kegiatan ini di 15 Januari dan ini sudah 20 Desember. Jadi ini kita harus kerja keras dan kerja cepat agar apa yang kita harapkan bisa berjalan sesuai dengan yang disepakati,” ujar Sahir dalam kesempatan yang sama.

3. Balapan akan digelar secara berkala

Polda Metro Resmi Gelar Balap Motor di Ancol pada 15 Januari 2022Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Kapolda Fadil menejelaskan Street Race akan digelar secara berkala dalam dua hingga tiga bulan sekali. Dengan begitu, diharapkan Street Race melahirkan bibit pebalap untuk nasional hingga internasional.

“Nanti dari Ancol akan siapkan sirkuitnya kemudian dari IMI akan menyiapkan pelatih juga dengan aspek safety-nya. Jadi dia tidak lagi balapan hanya menggunakan sendal jepit tapi sudah menggunakan sepatu helm dan jaket balap lengkap seperti di GP agar keselamatan ini menjadi yang utama,” ujar Fadil.

“Mohon doa restu buat seluruh anak-anak kita yang cinta balapan. Kami atas nama ketua IMI akan selalu berada ditengah adik-adik untuk kemajuan mereka. Kami tunggu di Ancol. Gas pol!” imbuhnya.

Baca Juga: Bubarkan Balap Liar, Polisi Dikeroyok Depan Istri di Pondok Indah

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya