Polda Sulut Resmi Tutup Kasus Kematian Wakil Bupati Sangihe Helmud

Hasil autopsi, tidak ditemukan racun pada jasad Helmud

Jakarta, IDN Times - Polda Sulawesi Utara resmi menutup penyelidikan kasus kematian Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong. 

Kabid Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, penyelidikan ditutup berdasarkan hasil autopsi jenazah yang tidak ditemukan zat kimia berbahaya ataupun racun dari jasad Helmud.

“Iya, penyelidikan sudah dihentikan. Hasil autopsi tidak ditemukan racun,” kata Jules kepada IDN Times, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Hasil Autopsi Jenazah Wakil Bupati Sangihe, Polisi: Tidak Ada Racun

1. Polisi tidak menemukan racun di dalam jasad Helmud

Polda Sulut Resmi Tutup Kasus Kematian Wakil Bupati Sangihe HelmudWakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong. (sangihekab.go.id/profil-wakil-bupati/)

Helmud Hontong meninggal di pesawat Lion Air JT 740 dalam perjalanan dari Bali menuju Makassar, Rabu 9 Juni 2021. Polisi pun menggelar autopsi untuk mencari tahu penyebab kematian Helmud.

Namun berdasarkan hasil autopsi, polisi tidak menemukan zat kimia ataupun racun dari jasad Helmud.

“Kami sudah melakukan penyelidikan dan sudah melakukan autopsi terhadap almarhum dan hasil dari autopsi bahwa tidak ditemukan adanya racun, apakah itu sianida, pestisida ataupun arsen, jadi tidak ditemukan itu,” ucap Jules.

2. Masyarakat diminta berhenti kaitkan kematian Helmud dengan izin tambang emas di Sangihe

Polda Sulut Resmi Tutup Kasus Kematian Wakil Bupati Sangihe HelmudPulau Sangihe (instagram.com/pulau.sangihe)

Temuan hasil autopsi itu pun diperkuat dengan keterangan dari keluarga yang menyatakan bahwa Helmud memiliki riwayat penyakit menahun.

Oleh karena itu, Jules mengimbau masyarakat agar tidak mengait-ngaitkan kematian Jules dengan penolakan izin tambang emas di daerah Kabupaten Kepulaun Sangihe.

“Terkait dengan hal ini, kami mengharapkan isu-isu ini tidak diperluas lagi, karena fakta hasil autopsi seperti itu,” ujar Jules.

3. Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong dinyatakan meninggal dunia di Makassar

Polda Sulut Resmi Tutup Kasus Kematian Wakil Bupati Sangihe HelmudWakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong di ruang kerjanya. ANTARA/HO-Dok. Pribadi.

Helmud saat itu hendak terbang dari Denpasar menuju Manado, dengan transit di Makassar, pada Rabu (9/6/2021). Helmud dinyatakan meninggal dunia saat pesawat transit di Bandara Hasanuddin, Makassar. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

“Hari ini pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe kehilangan seorang teman, Wakil Bupati Sangihe yang telah dinyatakan meninggal dunia tadi sore, ketika melakukan perjalanan dari Denpasar ke Makassar,” kata Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

Sementara itu, Pejabat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Maya Budiman, mengatakan bahwa dalam perjalanan dari Denpasar itu Helmud ditemani seorang ajudan bernama Harmen Kontu.

Di dalam pesawat, ajudan tersebut duduk di kursi sebelah Helmut. Sebelum mendarat di Makassar, pihak Lion Air telah berkomunikasi dengan bandara agar menyiapkan tim medis dan ambulans.

"Pukul 16.17 WITA saat di Bandara Hasanuddin Makassar, dokter dan perawat segera naik ke pesawat untuk mengecek kondisi Bapak Helmud yang sudah tidak sadarkan diri," ujar Maya dikutip dari ANTARA.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kata Maya, dokter menyatakan pria kelahiran Mahangetang 19 November 1962 tersebut telah meninggal dunia.

4. Lion Air sempat beri pertolongan untuk Wakil Bupati Sangihe dengan tabung oksigen portabel

Polda Sulut Resmi Tutup Kasus Kematian Wakil Bupati Sangihe HelmudDok.Istimewa/Lion Air

Sementara itu, dari keterangan tertulisnya, Lion Air mengatakan, pesawat yang ditumpangi Helmud berangkat dari Denpasar pukul 15.08 WITA. Pesawat itu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada 16.08 WITA.

Namun, pada pukul 15.40 WITA, Helmud diketahui membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut. Pimpinan awak kabin bersama kru kabin lainnya langsung menghampiri untuk mengetahui kondisi aktual Helmud

Baca Juga: Polisi: Wakil Bupati Sangihe Memiliki Sakit Jantung dan Darah Tinggi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya