Polisi: May Day Fiesta Dihadiri 60 Ribu Buruh dengan 20 Ribu Bus 

Hindari kawasan GBK, aksi dimulai sejak pukul 09.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Gerakan Buruh Indonesia (GBI) akan menggelar aksi May Day Fiesta di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada besok, Sabtu (13/5/2022). Aksi ini akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, massa buruh yang menghadiri aksi ini mencapai 60 ribu orang.

“Kurang lebih ada 20 ribu bus, karena pesertanya di samping dari Jabodetabek, juga ada dari Jawa Barat dan sekitarnya,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (13/5/2022).

1. Polda Metro kerahkan 5 ribu personel

Polisi: May Day Fiesta Dihadiri 60 Ribu Buruh dengan 20 Ribu Bus Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Zulpan menjelaskan, Polda Metro akan mengerahkan lima ribu personel gabungan untuk mengamankan jalannya aksi May Day Fiesta.

“PMJ akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga,” kata Zulpan.

Baca Juga: Ada Aksi May Day, Pengendara Diimbau Hindari Kawasan Patung Kuda

2. Polisi akan melakukan filterisasi guna antisipasi penyusup

Polisi: May Day Fiesta Dihadiri 60 Ribu Buruh dengan 20 Ribu Bus Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam pengamanan nantinya, Polda Metro akan melakukan filterisasi massa yang datang. Massa yang datang berkelompok akan diatur penempatannya saat memasuki GBK.

“Kemudian untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya, tentunya kita akan memastikan karena tempatnya ini di GBK, jadi siapa yang bisa masuk ke tempat acara itu adalah dari kelompok buruh, namanya Gerakan Buruh Indonesia (GBI),” ujar Zulpan.

Baca Juga: Demo May Day, Polrestabes Bandung Antisipasi Penyusupan Oknum Anarko

3. Polda Metro imbau masyarakat untuk menghindari GBK

Polisi: May Day Fiesta Dihadiri 60 Ribu Buruh dengan 20 Ribu Bus Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Oleh karena itu, Polda Metro mengimbau kepada masyarakat agar menghindarai kawasan GBK sejak pukul 09.00 WIB. Polda Metro juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitaran GBK.

“Mohon pengertian kepada seluruh masyarakat manakala besok antara jam 09.00 sampai 15.00 WIB di sekitar GBK agak padat ada kegiatan ini untuk bisa dimaklumi,” ujar Zulpan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya