Polisi Periksa Abu Janda Hari Ini Terkait Cuitan Islam Arogan

Abu Janda siap hadir di Bareskrim Polri

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Permadi Arya alias Abu Janda pada Senin (1/2/2021). Abu Janda akan diperiksa terkait pernyataannya di media sosial Twitter yang menyebut Islam agama arogan.

“Betul (hari ini pemeriksaan Abu Janda),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (1/2/2021).

1. Abu Janda siap hadir dalam pemeriksaan hari ini

Polisi Periksa Abu Janda Hari Ini Terkait Cuitan Islam AroganPermadi Arya atau Abu Janda (ANTARA/Livia Kristianti)

Sementara itu, Abu Janda mengatakan akan menghadiri panggilan polisi terkait pemeriksaan hari ini. Ia mengaku siap memberikan penjelasannya doal cuitan Islam agama arogan.

“Tentunya (hadir) dong, mas pergi umrah tiga tahun,” kata Abu Janda saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Sebut Islam Arogan, Abu Janda Diperiksa Bareskrim Senin Pekan Depan

2. Abu Janda dilaporkan atas dugaan penistaan agama

Polisi Periksa Abu Janda Hari Ini Terkait Cuitan Islam AroganIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Sebelumnya, Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait cuitannya yang diduga melakukan penistaan agama oleh seorang Pengacara, bernama Medya Rischa, Jumat 29 Januari 2021.

Polri menerima pelaporan yang tertuang dalam surat tanda terima terima laporan Nomor : STTL/033/I/BARESKRIM tertanggal 29 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan karena melanggar UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 28 ayat (2), Penistaan Agama UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 156A.

3. Abu Janda dan Tengku Zulkarnain sempat perang cuit

Polisi Periksa Abu Janda Hari Ini Terkait Cuitan Islam AroganLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebelumnya, Abu Janda sempat berdebat di twitter dengan Tengku Zulkarnaen, pada Minggu 24 Januari 2021. Perang cuitan itu bermula ketika Tengku lewat akun Twitter @ustadztengkuzul, membahas arogansi minoritas terhadap mayoritas di Afrika.

Cuitan Tengku menyebut tidak boleh ada arogansi, baik dari golongan mayoritas ke minoritas maupun sebaliknya.

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," kata Tengku Zulkarnain.

Menanggapi hal itu, Abu Janda membalas cuitan Tengku Zulkarnain. Dia menyebut ada Islam yang arogan karena mengharamkan kearifan lokal di Indonesia.

"Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," tutur Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1.

Baca Juga: Kala Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow Akun Abu Janda

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya